Dalil Periodisasi Jabatan Hakim Ad Hoc Tipikor Inkonstitusional

Selasa, 01 Desember 2020 – 01:02 WIB

Ilustrasi Hakim (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Hakim (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Periodisasi jabatan hakim ad hoc tindak pidana korupsi dinilai inkonstitusional. Itu disampaikan Hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Pengadilan Negeri Denpasar Sumali dan Hartono yang memohonkan pengujian Pasal 10 Ayat (5) Undang-Undang Pengadilan Tipikor.

Sebagai informasi, periode masa jabatan hakim Ad Hoc saat ini selama 5 tahun. Dan dapat diangkat kembali untuk satu kali jabatan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi disebut inkonstitusional.

Pasal yang diujikan yaituPasal 10 Ayat (5) Undang-Undang Pengadilan Tipikor. Yang berbunyi: "Hakim ad hoc sebagaimana dimaksud pada Ayat (4) untuk masa jabatan selama 5 (lima) tahun dan dapat diangkat kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan."

Sementara hakim di pengadilan serta Mahkamah Agung tidak diatur masa periodisasinya dan dapat menjabat hingga pensiun. Menurut para pemohon, periodisasi masa jabatan hakim ad hoc pengadilan tipikor mengancam kebebasan hakim dan bertentangan dengan prinsip independensi kekuasaan kehakiman.

Dalam permohonan yang dikutip dari laman Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Senin 30 November 2020, didalilkan jaminan masa kerja dan jabatan untuk hakim, termasuk hakim ad hoc pengadilan tindak pidana korupsi, merupakan bagian dari prinsip independensi kekuasaan kehakiman dan jaminan profesi hakim yang profesional.

Untuk itu, para pemohon menyebut Pasal 10 Ayat (5) Undang-Undang Pengadilan Tipikor bertentangan dengan Pasal 24 Ayat (1), Pasal 27 ayat (1) dan (2), Pasal 28D Ayat (1) serta Pasal 28H Ayat (2) UUD NRI Tahun 1945.

Dengan argumentasi itu, para pemohon meminta Mahkamah Konstitusi menyatakan Pasal 10 Ayat (5) Undang-Undang Pengadilan Tipikor bertentangan dengan UUD NRI Tahun 1945 atau menafsirkan pasal itu menjadi masa tugas hakim ad hoc 5 tahun dan diusulkan untuk diangkat lagi setiap 5 tahun.