IFBC Banner

Pernah Dengar Istilah ZEE? Ini Makna dan Penjelasan Lengkapnya

Kamis, 22 April 2021 – 12:00 WIB

Zona Ekonomi Ekslusif (Foto: Istimewa)

Zona Ekonomi Ekslusif (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Mungkin sebagian masyarakat belum tahu apa sih Zona Ekonomi Eksklusif atau disingkat ZEE.

Biar gak penasaran, ZEE adalah jalur di luar dan berbatasan dengan laut wilayah Indonesia sebagaimana ditetapkan berdasarkan undang-undang yang berlaku tentang perairan Indonesia yang meliputi dasar laut, tanah di bawahnya dan air di atasnya dengan batas terluar 200 (dua ratus) mil laut diukur dari garis pangkal laut wilayah Indonesia.

Indonesia memiliki peraturan mengenai ZEE dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1983 tentang ZEE Indonesia.

Sedangkan untuk instrumen internasional terdapat pada United Nation Convention on The Law of the Sea 1982 (UNCLOS), Indonesia sudah meratifikasi Konvensi ini melalui Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985 tentang Pengesahan UNCLOS (Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Tentang Hukum Laut) dan sudah berlaku sejak 31 Desember 1985.

Dalam hukum tersebut mengatur segala bentuk penggunaan laut serta pemanfaatan alam yang terkandung di dalamnya.

Salah satunya mengenai ZEE. Kedaulatan penuh atau sovereignty hanya ada pada laut teritorial yaitu berjarak 12 mil laut dari garis pangkal, sedangkan di luar laut territorial yaitu zona tambahan, ZEE dan landas kontinen, berlaku hak berdaulat atau sovereign right yaitu hak untuk mengelola dan memanfaatkan, bukan memiliki secara penuh.

Pada dasarnya, pada wilayah ZEE, kapal asing boleh melintas dan tanpa harus meminta izin kepada negara Indonesia. Namun terdapat pembatasan dan kewajiban yang harus diperhatikan, seperti mereka tidak boleh menangkap ikan atau mengambil sumber daya lainnya tanpa izin atau disebut dengan freedom of navigation. 

Untuk hal-hal yang boleh dilakukan oleh asing di wilayah ZEE adalah menanam kabel bawah laut, dengan hak eksklusif untuk membangun pulau buatan, instalasi dan struktur (dengan izin dan pembatasannya dari negara Indonesia). Intinya, negara asing boleh melintasi ZEE tanpa harus meminta izin dengan ketentuan mereka mengikuti aturan yang ada di UNCLOS.