Vanessa Angel-Bibi Dikubur 1 Liang Lahat, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Sabtu, 06 November 2021 – 14:05 WIB

Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah

Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah

JAKARTA, REQnews - Artis Vanessa Angel dan suaminya Febri 'Bibi' Andriansyah yang dikubur dalam satu liang lahat di Pemakaman Islam Malaka, Jakarta Selatan setelah mengalami kecelakaan maut, menimbulkan kontroversi di masyarakat.

Banyak yang bertanya, apakah boleh dalam Islam menguburkan dua jenazah dalam satu liang lahat? Mengingat praktik ini begitu asing, khususnya di Indonesia.

Merujuk fatwa-fatwa dan pendapat ulama, banyak yang mengharamkan praktik ini, namun ada juga yang membolehkannya dengan syarat tertentu.

Dalam mazhab Syafii, yang disampaikan para ulama-ulamanya, memakamka dua jenazah dalam satu kubur ini hanya boleh dilakukan ketika situasinya darurat.

“Haram memakamkan dua jenazah yang berbeda jenis kelamin di satu makam kecuali jika keduanya memiliki hubungan mahram dan hubungan suami-istri,” (Lihat Syekh Zainuddin Al-Malibari, Fath al-Mu’in, [Mesir, At-Tijariyatul Kubra: tanpa catatan tahun], juz II, halaman 118).

Kemudian, anggota Fatwa Dar Al Ifta Mesir Syekh Uwaidah Utsman menyebut, sungguh terlarang perbuatan memakamkan dua jenazah suami istri dalam satu liang lahat.

"Tidak benar ayah dikuburkan bersama anak perempuannya, tidak pula ibu dengan anak laki-lakinya, karena laki-laki berada di suatu tempat dan perempuan berada di suatu tempat dan tidak boleh kecuali dalam keadaan terpaksa bila ada. Seperti tidak ada tempat untuk pemakamannya dan lainnya."

Pun begitu pendapat anggota Fatwa Dar Al Ifta Mesir lainnya, Dr Mahmud Syalaby, bahwa pemakaman seperti itu adalah haram.

"Tidak benar ayah dikuburkan bersama anak perempuannya, dan ibu dengan anak laki-lakinya. Itu dilarang," kata Syalaby, seperti dikutip dari Elbalad.