Catat dan Ingat! Inilah 8 Misi Besar Jenderal Andika Perkasa Bila Jadi Panglima TNI

Sabtu, 06 November 2021 – 13:00 WIB

Jenderal Andika Perkasa

Jenderal Andika Perkasa

JAKARTA, REQnews - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa tengah menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di hadapan DPR RI, Sabtu 6 November 2021.

Di hadapan anggota Komisi I DPR RI, Andika membeberkan delapan misi besarnya bila nanti menjabat sebagai Panglima TNI. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Penguatan Implementasi UU

Andika mengakui bahwa dalam pelaksanaan tugas TNI, ada hal yang masih kurang khususnya terkait implementasi UU.

"Pertama dan terpenting bagi saya adalah kita melaksanakan tugas TNI dengan lebih mengembalikan kepada peraturan perundangan yang ada. Tugas-tugas yang kami laksanakan selama ini sudah diatur dalam UU, tapi implementasinya saya lihat masih banyak kelemahan," kata Andika.

Ia berjanji, akan mengembalikan tugas TNI yang sepenuhnya mengacu pada UU, dan tidak mengambil sektor kementerian atau lembaga lain.

2. Operasi Pengamanan Perbatasan

Andika tidak menjelaskan detail terkait hal ini, namun ia memastikan akan berkonsentrasi pada operasi pengamanan perbatasan sebagaimana aturan Kemenhan.

"Kedua, ini sudah diatur dan sudah keluar peraturan Kemenhannya pun bahwa memang operasi pengamanan perbatasan merupakan sesuatu yang menjadi fokus dalam hal peningkatan. Peningkatannya gimana nanti detailnya saat sesi tertutup," ujarnya.

3. Kesiapsiagaan TNI

Ia juga berencana meningkatkan kesiapsiagaan kesatuan TNI, untuk menghadapi seluruh tugas-tugas operasi militer.

4. Penguatan Siber

Tak luput dari misi besar Andika, isu siber ikut dimasukkan karena kini telah menjadi hal yang sudah sepatutnya diperhatikan penuh.

"Keempat, cyber fokus kami berikutnya, karena sudah hadir di mana-mana. Menurut saya harus menjadi fokus yang lebih penting dibandingkan dengan keperluan lain yang juga sebetulnya penting," kata Andika.

5. Sinergitas Intelijen

Di wilayah konflik atau yang mengalami gangguan, Andika ingin adanya peningkatan dalam sinergitas intelijen, termasuk penguatan kapabilitas, tata kelola hingga koordinasi.

6. Pemantapan Tiga Matra

Misi selanjutnya Andika adalah memantapkan interoperbilitas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

"Kita lakukan sehingga semakin tahu kelemahan dan kekurangan kita dan bagaimana di dalam kondisi yang masih belum terpenuhi ini bisa melakukan operasi bersama dengan tiga angkatan karena itu kebutuhan yang enggak bisa dihindari saat ini," ujarnya.

7. Integrasi

Andika menilai, penguatan integrasi dengan penataan organisasi perlu dilakukan perbaikan, untuk dapat menghasilkan kerja sama yang apik.

8. Diplomasi Militer

Apabila dipercaya sebagai Panglima TNI, Andika ingin menjalankan diplomasi militer sesuai kebijakan politik luar negeri, hal ini dianggapnya penting.