Bagaimana Sebaiknya Generasi Milenial Memperingati Hari Pahlawan?

Rabu, 10 November 2021 – 17:45 WIB

Ilustrasi Bung Tomo

Ilustrasi Bung Tomo

JAKARTA, REQnews - Hari Pahlawan diperingati setiap tahun pada 10 November, yang didasari atas perjuangan darah dan nyawa para pejuang kemerdekaan di Surabaya tahun 1945 pada tanggal yang sama.

Bila kita merujuk pada peringatan Hari Pahlawan di tahun-tahun yang silam, antusias rakyat Indonesia begitu besar, iringan lagu-lagu yang menggambarkan heroiknya para pejuang Indonesia mengalun hebat, dan upacara digelar di penjuru negeri.

Namun, belakangan ini, Hari Pahlawan hanya tinggal ucapan saja. Tidak ada peringatan besar, upacara mengenang para pahlawan juga dilakukan hanya di segelintir titik, lagu-lagu kejayaan para pejuang mulai terlupakan.

Ya, saat Milenial dan Gen Z menjamur di Indonesia, kita memerlukan sebuah cara baru dalam memperingati Hari Pahlawan, agar dapat terus diwariskan dari generasi ke generasi.

Namun, upacara bukanlah termasuk kegiataan yang disukai generasi muda Indonesia saat ini. Lantas, bagaimana seharusnya anak-anak Milenial bangsa memperingati Hari Pahlawan?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dan tidak perlu menguras energi atau berpanas-panasan di lapangan, namun tetap tidak mengurangi esensi dari semangat peringatan Hari Pahlawan. Berikut di antaranya:

1. Aransemen Lagu Pahlawan

Generasi Milenial bisa menguji kreatifitasnya dengan melakukan aransemen lagu-lagu yang menceritakan heroiknya para pahlawan bangsa, tanpa perlu memotong atau mengubah lirik aslinya. Misalnya, lagu Gugur Bunga, diaransemen menjadi musik bernuansa Jazz, Reggae, atau mengaransemennya dengan alat-alat musik kekinian.

2. Doa

Dengan berdoa, kita sebenarnya sudah cukup meresapi perjuangan para pahlawan, berterima kasih atas jasa-jasa mereka, dan bersyukur atas nikmat merdeka yang diperjuangkan para pendahulu. Berdoalah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing, untuk para pahlawan negeri tercinta Indonesia.

3. Kontes Konten Digital

Selain itu, para Milenial juga bisa membuat kontes atau perlombaan konten-konten digital, dengan tema Hari Pahlawan. Misalnya, dalam bentuk video, lomba fotografi atau ilustrasi-ilustrasi dengan wajah para pahlawan. 

4. Wisata

Milenials dikenal hobi berwisata. Nah, pada momen Hari Pahlawan ini, kalian bisa berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, seperti museum, tugu, makam, atau kampung halaman pahlawan kebanggaan kalian.