IFBC Banner

Restorative Justice: Sebuah Kebijaksanaan dalam Menata Keteraturan Sosial

Rabu, 09 Maret 2022 – 05:00 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Belakangan ini, istilah restorative justice atau keadilan restoratif terus lalu-lalang di telinga masyarakat dalam upaya penegakkan hukum.

Adapun persoalan hukum yang selama ini menjadi ketakutan masyarakat, bahkan sampai dihindari, restorative justice hadir bagaikan wajah baru yang segar.

Restorative justice menggema, menjadikan hukum sebagai penggerak peradaban dan kesadaran masyarakat untuk bertanggung jawab dalam kehidupan bernegara.

Hukum tak lagi hanya berorientasi pada aturan-aturan tertulis dalam undang-undang, namun ikut bercampur dengan hati nurani untuk memperbaiki keadaan sosial yang rusak akibat sebuah pelanggaran.

Secara gamblang, penegakkan hukum dalam sudut pandang restorative justice adalah untuk perbaikan pelayanan, pencegahan, hingga pembangunan penataan keteraturan sosial dalam skala luas.

Aturan-aturan dalam tertulis untuk menata kehidupan masyarakat menjadi simbol peradaban, dan restorative justice sebagai langkah penyelesaian konflik yang terjadi secara beradab.

Bagaimana gagasan besar terkait restorative justice di Indonesia? Simak penjelasan dari Anggota DPD RI Abdul Rachman Thaha serta Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Chryshnanda Dwilaksana dalam video dari kanal YouTube TheStory berikut ini.