Lupa Bayar Zakat Fitrah, Bagaimana Hukumnya dan Apa yang Harus Dilakukan?

Selasa, 26 April 2022 – 19:30 WIB

Zakat Fitrah (ilustrasi)

Zakat Fitrah (ilustrasi)

JAKARTA, REQnews - Zakat fitrah adalah salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Muslim ketika Ramadan, meskipun terkadang ada saja orang yang lupa membayarnya.

Pertanyaan yang muncul, jika lupa membayar zakat fitrah, bahkan sampai selesai salat Id, bagaimana hukumnya dan apa yang harus dilakukan?

Beberapa ulama berpendapat, bila seseorang benar-benar lupa tanpa disengaja, maka diperbolehkan membayar zakat fitrah setelah salat Id. Namun, jika disengaja tidak menunaikan kewajiban tersebut, maka menjadi makruh.

Dari Ibnu 'Abbas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla memaafkan kesalahan (yang tanpa sengaja) dan (kesalahan karena) lupa dari umatku serta kesalahan yang terpaksa dilakukan."

Orang yang lupa membayar zakat fitrah, diwajibkan untuk menunaikannya meski telah melewati batas waktu, menurut Izzudin bin Abdis Salam dalam kita Qawa'idul Ahkam di Mashalih Al-An'am.

Sementara dalam kitab Al Majmu' Syarh Al-Muhadzdzab karya Imam An-Nawawi, zakat yang dibayarkan lewat waktunya digolongkan sebagai qadha' atau pengganti.

" Tidak boleh mengakhirkan zakat dari waktu yang ditetapkan di hari raya. Dan jika ada yang mengakhirkannya maka dia bermaksiat (berdosa) dan wajib mengqadhanya. Dan para ulama (Syafi’iyah) menyebut, tindakan mengeluarkan zakat setelah keluar waktu sebagai qadha."