IFBC Banner

Mengenal Apa Itu Objection Hearsay, Disebut Pengacara dalam Persidangan Johnny Depp vs Amber Heard

Minggu, 05 Juni 2022 – 10:35 WIB

Johnny Depp dan Amber Heard (Foto: Istimewa)

Johnny Depp dan Amber Heard (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Perseteruan antara Johnny Depp vs Amber Heard menyita perhatian publik di seluruh dunia. Kasus tersebut punya daya tarik tersendiri bagi sejumlah kalangan. Bahkan ada yang mengikuti sidang kasus pencemaran nama baik antara dua pemain film itu hingga sidang putusan akhir. 

Jika anda mengikuti persidangan Johnny Depp vs Amber Heard, tentu sudah tak asing dengan istilah ini. Ya, Objection, hearsay!

Apa sebetulnya arti dari istilah yang kerap dilontarkan oleh pengacara di tengah persidangan ini?

Objection Hearsay merupakan salah satu istilah atau terminologi yang digunakan di dalam sistem hukum dan peradilan Amerika.

Objection adalah keberatan yang diberikan pengacara pihak lawan terhadap kesaksian seorang saksi yang diberikan di pengadilan.

Sedangkan Hearsay, dimaknai sederhana kesaksian kata orang. Istilah ini juga bermakna sama dengan de auditu yaitu kesaksian atau keterangan karena mendengar dari orang lain

Untuk memahami definisi tersebut, simak percakapakan berikut:

Bunga: Kamu pernah nyobain bakso yang di daerah Puri Indah yang baru buka itu gak sih?

Putra: Belum, soalnya kata temen gue kurang enak

Nah, "kata temen gue" itulah yang dinamakan hearsay. 

Hakim dalam hal ini terhadap suatu keberatan atau objection mempunyai 2 respon. Apa saja?

Pertama, sustained atau keberatan diterima. Kedua, overruled atau keberatan ditolak.

Kalau misalnya suatu keberetan atau objection itu sustained oleh hakimnya berarti pertanyaan yang diberikan atau kesaksian yang sudah dikatakan oleh saksinya itu harus diulang atau diperbaiki 

 

Agar tidak bingung, simak arti istilah hukum Amerika seperti yang dilansir oleh REQnews.com dari buku "Terminologi Hukum Amerika" yang ditulis oleh Dr. Mac Aditiawarman, S.H., M.Hum:

1. Objection 

Objection atau keberatan : Melakukan tindakan pengecualian terhadap pernyataan dalam sidang yang digunakan untuk menarik perhatian pengadilan terhadap bukti yang tidak benar. 

- Objection overruled: Keberatan ditolak- Penolakan hakim terhadap keberatan karena dipandang sebagai cacat hukum.

- Objection sustained: Keberatan berkelanjutan - Dukungan atau setuju terhadap keberatan. Digunakan oleh hakim sebagai tanda persetujuan terhadap permohonan.

 

2. Hearsay: 

Hearsay atau Kabar angin: Laporan oleh seorang saksi yang tidak melihat atau hanya mendengar kejadian itu dari orang lain. Kabar angin seperti itu biasanya tidak diterima sebagai bukti di pengadilan.