Melihat Karya Seni dan Kecanggihan dari Ratusan Tahun Lalu Melalui Pasukan Terracotta

Kamis, 16 Januari 2020 – 10:30 WIB

Pasukan Terracotta (Foto:Istimewa)

Pasukan Terracotta (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Pada 1974, para petani di provinsi Shaanxi China secara tidak sengaja menemukan salah satu temuan arkeologis terbesar abad ke-20 yang sekarang dikenal dengan Mausoleum Qin Shi Huang. Ini merupakan monumen makam kaisar pertama Tiongkok, yakni Qin Shi Huang (Kaisar Qin Pertama), terletak di Distrik Lintong, Xi'an, Provinsi Shaanxi, Tiongkok.

Mausoleum ini dibangun lebih dari 38 tahun, dari 246-208 SM, dan terletak di bawah sebuah gundukan makam setinggi 76 meter berbentuk seperti piramida terpotong. Yang dikenal dengan patung-patung tanah liat yakni pasukan Terracotta .

Pasukan Terracotta merupakan pasukan prajurit bawah tanah kaisar Tiongkok yang jumlahnya ribuan dibuat dari tanah liat. Dalam ruang bawah tanah itu terdapat lebih dari 8.000 prajurit berukuran manusia .

Sejarawan tahu bahwa pasukan tanah liat diciptakan untuk mempertahankan kaisar pertama Tiongkok di akhirat. Namun, yang tidak diketahui adalah di mana tepatnya kaisar dimakamkan atau harta apa yang terkandung dalam kamar pemakamannya.

Tempat peristirahatan terakhir kaisar pertama adalah makam paling mewah yang pernah dibangun di Cina, menurut dokumen kuno yang menggambarkan konstruksinya. Sebuah istana bawah tanah, lengkap dengan "kerajaan" di sekitarnya, makam itu terdiri dari jaringan gua dan bahkan termasuk sistem drainase canggih.

Dari patung prajurit sebanyak dari 8.000, di lubang pertama ada 6.000 prajurit yang menjadi prajurit utama. Di lubang kedua ada 130 kereta kuda dan 600 ekor kuda.

Kemudian, ada lubang di mana ada para komandan perang dan ada lubang yang berisi proyek yang belum terselesaikan.

Di ruang-ruang lain yang lebih kecil, ada patung tanah liat tokoh musisi, akrobat, para pekerja pemerintahan, dan hewan-hewan eksotis.

Konon, prajurit yang dibuat dari tanah liat itu membutuhkan lebih dari 720.000 pekerja. Setiap patung punya pakaian yang berbeda sesuai kelompoknya dan punya senjatanya masing-masing, lo, seperti panah, belati, dan tombak. Selain itu setiap prajurit juga punya gaya rambut, bentuk telinga, dan ekspresi wajah yang berbeda.

Prajurit dan Kuda Terracotta Qin sangat terkenal di dunia dan mampu menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk berkunjung setiap tahun.