Ini Dia Air Terjun Api yang Menakjubkan Hanya Muncul 2 Pekan dalam Setahun

Rabu, 22 Januari 2020 – 09:00 WIB

Air terjun api di Taman Nasional Yosemite (Foto:Istimewa)

Air terjun api di Taman Nasional Yosemite (Foto:Istimewa)

CALIFORNIA, REQNews - Sebuah air terjun unik muncul di sisi Taman Nasional Yosemite dalam sebuah video yang menakjubkan. Rekaman yang diambil dari jauh itu tampak menampilkan kobaran api di sisi tebing California, AS sebelum jatuh ke bawah.

Air terjun bersinar merah itu seolah-olah terbuat dari api. Saat turun, cahaya memantulkan kabut yang meniru api, dilansir dari Daily Star, Rabu, 22 Januari 2020.

Fenomena ini terjadi hanya dua minggu di bulan Februari setiap tahun. Dan menjadi hidup ketika matahari terbenam yang menyebabkan cahaya menghantam air terjun pada sudut yang tepat.

Firefall hanya menyala oranye selama beberapa menit setiap hari, selama dua minggu di bulan Februari.

Menurut US National Parks Service, efek pencahayaan unik ini hanya terjadi pada malam hari dengan langit yang cerah ketika air terjun mengalir, dan bahkan sedikit kabut dapat mengurangi efeknya.

Selain itu juga terjadi karena pertemuan berbagai peristiwa, termasuk jumlah salju yang sempurna di daerah itu, bersama dengan sinar cahaya yang tepat dari matahari yang terbenam. Hingga membuat air terjun api ini tampak seperti adegan dari film fantasi.