Identik dengan Rakyat Jelata, 5 Makanan Justru Mulai Disantap Orang Kaya

Jumat, 06 Maret 2020 – 11:33 WIB

Tiwul

Tiwul

JAKARTA, REQnews - Banyak menu makanan di Indonesia yang dianggap identik atau dekat dengan kehidupan masyarakat jelata. Namun, waktu telah mengubah gaya hidup manusia, menu-menu itu juga akhirnya diminati orang-orang berduit.

Tentu saja, alasan kenapa menu itu identik dengan orang miskin karena bahan-bahannya yang murah meriah. Jelas berbeda dengan santapan orang kaya, seperti steak atau menu-menu ala barat.

Setidaknya, di Indonesia, saat ini ada beberapa menu yang dulu hanya dikonsumsi orang miskin, kini mulai diminati kalangan atas. Berikut 5 di antaranya:

1. Tiwul

Makanan khas masyarakat Jawa ini dulunya adalah menu bagi mereka yang tak mampu membeli beras. Makanya, muncul istilah nasi tiwul, yang populer di masyarakat pedesaan di Wonogiri, Jawa Timur. Tiwul juga ramai dijajakkan di pasar tradisional, namun kini mulai dijual di cafe-cafe, bahkan restoran. Tentunya dengan sedikit perubahan, seperti pada toping atau tambahan bahan lainnya.

2. Sate Kere

Dari namanya saja, jelas sate ini untuk warga yang kere alias miskin. Contoh sate ini banyak dijajakkan di pinggirian atau kaki lima di Yogyakarta, seperti di angkringan. Sate kere yang biasanya dibuat dari bahan tempe, jeroan ayam, atau kikil ini mulai diminati sebagai menu kaki lima favorit masyarakat kelas menengah ke atas. Bahkan, termasuk salah satu menu favorit Presiden Joko Widodo.

3. Kerupuk Melarat Cirebon

Nama lainnya adalah kerupuk pasir, yang dulu disantap masyarakat kelas bawah karena bahan bakunya yang murah, yakni dari singkong, lalu digoreng dengan pasir tanpa minyak. Namun, kini kerupuk melarat justru menjadi salah satu oleh-oleh unggulan di Cirebon, Jawa Barat. Banyak orang kaya datang ke Cirebon, lalu pulang dengan oleh-oleh kerupuk melarat untuk keluarganya.

4. Ikan Asin

Menu yang satu ini tak perlu diragukan lagi keidentikannya dengan kehidupan orang-orang miskin di Indonesia. Namun, saat ini, di beberapa daerah ikan asin justru jadi menu-menu yang disantap orang-orang berduit. Bahkan, beberapa restoran menyajikannya sebagai salah satu menu, contohnya nasi goreng ikan asin, atau ikan asin oseng pete, dan lainnya.

5. Nasi Goreng

Tahukah kalian, nasi goreng sebenarnya adalah menu mewah bagi rakyat jelata, namun dulu diremehkan orang-orang kaya. Tapi, apa yang terjadi sekarang? Nasi goreng sudah mendunia, banyak turis-turis asing datang ke Indonesia hanya untuk menikmati hidangan sederhana ini, yang mereka anggap unik dengan aroma khas.