Mengintip Makam Veteran Maluku Eks KNIL di Wierden

Rabu, 25 Maret 2020 – 17:31 WIB

Mengintip Makam Veteran Maluku Eks KNIL di Wierden (Foto: Istimewa)

Mengintip Makam Veteran Maluku Eks KNIL di Wierden (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Pada masa perang kemerdekaan ataupun Perang Dunia, banyak rakyat Maluku ditugaskan menjadi Tentara Kerajaan Hindia Belanda alias KNIL. Namun setelah Setelah KNIL dibubarkan pada 1950, ternyata masih banyak para veteran yang memilih menetap di Belanda, hingga akhir hayatnya.

Mereka, eks veteran KNIL yang wafat, dimakamkan di sejumlah pemakaman di Belanda. Salah satunya di Kotamadya Wierden.

Untuk mengenang jasa mereka, pemerintah setempat memasukkan Kotamadya Wierden akan menyusun daftar kuburan khusus yang harus dilestarikan. Ini termasuk kuburan veteran Maluku dari KNIL.

Saat ini, pemerintah kota akan menyusun daftar dengan yayasan Maluku4 Maluku dan Historisch Kring Wierden. Ini akan menjadi pertama kalinya bahwa kuburan veteran Maluku di Belanda diberikan status kuburan khusus, tulis RTV Oost.

Hak kuburan tidak lagi harus dibayar untuk kuburan semacam itu. Mereka juga tidak bisa dimusnahkan. Kuburan veteran perang lainnya juga memenuhi syarat untuk status di Wierden.

Leo Reawaruw dari yayasan Maluku4 Maluku senang dengan perkembangan ini. “Di Wierden itu ada delapan hingga seratus kuburan,” katanya mengutip Javapost.nl, Rabu 25 Maret 2020.

"Sekarang mereka berbaring di tanah yang dingin. Belanda harus membebaskan keluarga terdekat dari biaya makam untuk alasan kewajaran dan keadilan."

Setelah Wierden, Reawaruw sekarang juga akan mendekati kota Almelo, Rijssen dan Hellendoorn. Untuk menentukan kuburan mana yang akan ada dalam daftar, pemerintah kota akan menyusun kriteria bersama dengan Maluku4 Maluku dan Historisch Kring Wierden. Ketika daftar siap, itu diserahkan kepada dewan kota.

Kuburan akan dikelola oleh relawan. "Kami pikir itu penting bahwa itu adalah proyek komunitas, dan bukan kota," kata anggota dewan kotapraja Johan Coes.