Pulau Elba Napoleon, Rekomendasi Tempat Wisata Pasca Pandemi

Senin, 16 November 2020 – 11:30 WIB

Pulau Elba Rekomendasi Tempat Wisata Pasca Pandemi (Foto: Istimewa)

Pulau Elba Rekomendasi Tempat Wisata Pasca Pandemi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews – Virus corona lambat laun mulai sedikit berkurang penyebarannya. Sebabnya, tak ada salahnya jika kalian merencanakan berwisata ke pulau Elba tempat pengasingan Napoleon Bonaparte.

Di sana kalian akan dimanjakan dengan keindahan pantai dan pegunungannya. Pulau Elba bisa menjadi pilihan list wisata kamu bersama keluarga.

Adapun beberapa tempat menarik di pulau ini yang bisa kalian kunjungi antara lain:

1.      Pantai Barabarca

            (Pantai Barabarca / Foto: Istimewa)

Wisata ini letaknya sedikit ekslusif karena tertutupi teluk yang mengelilinginya dan semak-semak belukar Mediterania, lokasinya juga jauh dari kota Capoliveri. Pemandangan air lautnya yang jernih membuat dasar laut terlihat dengan jelas.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan pantai yang indah, di sana juga menyediakan alat tranportasi laut seperti perahu dan kano untuk melengkapi perjalanan wisata di pantai Barabarca.

2.      Akuarium Elba

       (Akuarium di Pulau Elba/ Foto: Istimewa)

Tempat akuariumnya memang tidak sebesar Georgia Aquarium di Amerika Serikat. Meski terbilang kecil, warga di sana bangga mempunyai akuarium yang paling lengkap di Mediterania yaitu menyimpan 150 spesies organisme laut.

Tempat tersebut dikelola langsung oleh masyarakat sekitar tanpa bantuan dana dari pemerintah. Makanya, tidak banyak perubahan pada bangunan akuarium tersebut.

3.      Tambang Capoliveri

          (Tambang Capoliveri/ Foto: Isrimewa)

Pengalaman menantang akan didapatkan saat mengunjungi tambang bersejarah. Tambang tersebut merupakan mata pencaharian masyarakat pulau Elba lebih dari 3.000 tahun lamanya. Baru pada tahun 1980 kegiatan tambang diberhentikan.

Walau sudah diberhentikan, di dalamnya masih tersimpan sisa-sisa besi para pekerja terdahulu. Pengunjung bisa masuk ke dalam tambang bersama pemandu wisata dengan kedalaman 7 km di bawah permukaan laut.

Meski sudah dijadikan tempat wisata, tapi jalan yang dilalui saat masuk ke dalam tambang belum tersentuh aspal, dan jalannya bekelok-kelok. Buat yang menyukai adrenalin menantang, perjalanan yang satu ini patut dicoba.

4.      Gunung Capanne

(Gunung Cappane di Pulau Elba/ Foto: Istimewa)

Satu-satunya gunung tertinggi di pulau Elba ini bisa memanjakan mata dengan pesona alam yang memesona. Dari puncak Capanne, terlihat pemandangan kota Elba dari ketinggian.

Untuk mencapai puncaknya tidak perlu dengan cara mendaki, cukup membayar uang naik kereta gantung yang sudah disediakan. Perjalanan menaiki kereta gantung cukup membutuhkan waktu 18 menit saja dengan rute dari bawa ke atas dan ke bawah lagi.

5.      Palazzina dei Mulini

     (Palazzina dei Mulini/ Foto:Istimewa)

Di tempat inilah Napoleon Bonaparte tinggal selama pengasingannya di Elba, dan sebelum pindah ke pulau Saint Helena hingga kematiannya. Bentuk aslinya mengalami perubahan selama ditempati oleh Napoleon saat itu. 

Kini tempat tersebut telah berubah menjadi museum yang menyimpan barang-barang antik, dekorasi, dan furniture serta koleksi perpustakaan pada zaman Napoleon.