Menjelajah Keindahan Gua Vertikal Terbesar di Dunia

Minggu, 05 Juli 2020 – 03:01 WIB

Gua Hang Song Doong

Gua Hang Song Doong

JAKARTA, REQnews - Gua memiliki pesona tersendiri bagi penikmatnya. Sebagian orang yang gemar bertualang, penelusuran gua merupakan aktivitas yang menyenangkan.

Tetapi diperlukan fisik yang kuat jika ingin berpelesiran ke tempat wisata yang bentuknya adalah lorong alami ini, terlebih lagi jika gua yang disambangi berkontur vertikal.

Menelusuri gua vertikal merupakan kegiatan yang menguras stamina dan menguji nyali. Seperti halnya saat menelusuri gua vertikal Hang Son Doong yang berada di Vietnam.

Gua yang dinobatkan sebagai gua vertikal terbesar di dunia ini lokasinya berada di dalam hutan sehingga butuh waktu untuk mencapainya. Bila dikalkulasi, menghabiskan hampir setegah hari untuk bisa menuju bibir gua vertikal ini.

Perlu diingat, situs gua ini hanya diperuntukan bagi profesional saja, hal ini karena lokasinya berada di bawah daratan dan untuk turun dibutuhkan keterampilan khusus.

Semua yang bisa masuk ke dalam gua terbesar di dunia ini adalah mereka yang telah memiliki lisensi menjelajahi gua. Oleh sebab itu tak sembarangan orang bisa masuk dan turun dengan alat ala kadarnya.

Namun bagi wisatawan amatir yang ingin melihat keindahan gua ini disarankan menggunakan pendamping profesional. Terlebih lagi bagi yang takut ketinggian, diharap untuk mempersiapkan mental dan keberanian yang lebih sebelum turun ke mulut gua.

Gua ini memiliki panjang ruangan sekitar 5 kilometer, luasnya hampir tiga kali lebih dari lapangan sepak bola dan tingginya mencapai 200 meter.

Uniknya untuk mencapai gua terbesar di dunia ini, terdapat sebuah gua Hang En yang merupakan tempat syuting film Hollywood Peter Pan. Lokasi gua Hang En memang sangat menarik, lantainya berpasir seperti pasir di pantai.

Keindahannya gua ini dilengkapi dengan adanya dua kolam alami dengan air yang jernih. Lokasi yang sangat indah ini sering dijadikan tempat berkemah oleh para caving.

Satu lagi pesona dari gua vertikal ini adalah ketika berkas cahaya matahari yang masuk menyinari ruang di dalam gua. Pengunjung gua seolah-olah berfantasi seperti ada wahyu yang turun dari langit.