Mau Wisata Sambil Makan Keju? Datang Saja ke Bukit Baros Sukabumi

Selasa, 14 Juli 2020 – 21:05 WIB

Sentra pembuatan keju Bukit Baros

Sentra pembuatan keju Bukit Baros

SUKABUMI, REQnews - Keju merupakan makanan khas yang berasal dari Belanda. Di negeri kincir angin tersebut, tersebar pabrik keju terbaik yang kemudian disebarkan ke berbagai negara di dunia.

Namun untuk menikmati dan melihat pabrik keju, kini Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Belanda. Melancong saja ke Sukabumi. Di sana terdapat pabrik keju yang kini menjadi objek pariwisata baru.

Bukit Baros berlokasi di Cihius, Kebonpedes, Sukabumi dan berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Di kawasan inilah pabrik keju Sukabumi. Selain pabrik keju di Bukit Baros, juga terdapat juga pabrik pakan ternak, perkebunan tanaman hias dan peternakan sapi yang memproduksi susu segar untuk bahan dasar pembuatan keju.

Di Belanda, pabrik keju seperti ini dikenal dengan istilah boere kaas yang berarti "buatan rumah di kawasan pertanian dan peternakan". Begitupun dengan keju di Bukit Baros Sukabumi, asli buatan masyarakat sekitar.

Pemandangan di sekitar pabrik keju pun sungguh indah, karena lokasi ini dikelilingi perbukitan hijau, curug, sungai serta udaranya yang begitu sejuk. Objek wisata baru ini memiliki luas sekitar 15 hektare dan dipagari dengan Sungai Cimandiri. Saat mengunjungi tempat ini, Anda akan benar-benar dibuat takjub. Sebab selain melihat proses pembuatan keju, juga bisa sekaligus menikmati bagian pemandangan alam Sukabumi yang masih terjaga.

Selain pembuatan keju, di sini juga terdapat pabrik selai dengan berbagai macam rasa seperti buah-buahan, kacang dan coklat. Selai favorit di Bukit Baros ini yaitu rasberi dan stroberi. Soal rasa, selai di sini tak perlu diragukan lagi jika dibandingkan dengan selai yang dijual di pasar swalayan.

Di Bukit Baros juga menyediakan berbagai fasilitas, seperti villa, tempat olahraga, area kemping dan lainnya. Berwisata alam untuk menghabiskan liburan panjang Anda di Sukabumi tentunya sangat menyenangkan, karena terdapat beberapa destinasi wisata menarik yang bisa Anda jelajahi.