Eloknya Danau Maninjau

Jumat, 25 Januari 2019 – 19:00 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, REQnews - Sumatera Barat memiliki kekayaan keindahan alam yang menawan, salah satunya adalah Danau Maninjau. Danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang merupakan kaldera dari letusan besar gunung api.

Alam sekitar danau menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, hamparan hijau bukit yang asri dan sawah-sawah yang hijau dan menguning dengan udaranya yang sejuk akan memambah keelokan Danau Maninjau.

Untuk mendukung perkembangan pariwisata dan melihat minat perkembangan wisatawan di mana kunjungan ke danau ini mengalami peningkatan, di sekitar danau terdapat beberapa akomodasi dan berbagai fasilitas.

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Dari Kota Padang yang merupakan ibukota Sumatera Barat, Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Sedangkan di Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 129,69 km².

Danau Maninjau memiliki ketinggin 461,50 meter di atas permukaan laut, dengan kedalaman mencapai 157 m dan membentang seluas 100 km persegi. Keindahan Danau Maninjau tidak hanya bisa dinikamti jarak dekat, bahkan dari kejauhan pun keelokan panoramanya tetap dapat dinikmati. (nls)