Curug Batu Templek, Tempat Penambangan Batu yang jadi Wisata Baru

Rabu, 29 Juli 2020 – 07:04 WIB

Curug Batu Templek

Curug Batu Templek

JAKARTA, REQnews - Menjelajahi wisata di Bandung memang tidak pernah ada habisnya. Selalu saja ada tempat wisata baru yang ada di Kota Kembang ini. Salah satu objek wisata Bandung Timur yang kini sedang hits yaitu Curug Batu Templek.

Lokasinya terletak di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Memiliki ketinggian hingga 52 meter, pemandangan curug ini begitu menarik dan eksotis. Oleh penduduk sekitar, dulunya lokasi wisata ini lebih dikenal dengan sebutan Curug Batu Cisanggarung.

Sebenarnya kawasan ini merupakan tempat penambangan batu, serta di sebagian sekitar curug para penambang masih aktif melakukan penggalian. Air terjun ini berada di salah satu titik ketinggian di kawasan Bandung, tentunya curug tersebut memiliki sisi keindahannya tersendiri.

Jika dilihat dari kejauhan air terjun ini begitu cantik, selain itu air yang keluar dari curug ini berasal dari mata air jernih. Namun ketika musim hujan tiba air di sini akan menjadi keruh dan Anda pun harus berhati-hati, karena ketika hujan jalanan di sini cukup licin.

Adanya batu-batuan di sini tentunya tidak terlepas dari sejarah yang menyelimutinya, atau Bandung pada jaman baheula. Bebatuan di curug ini terbentuk sejak beberapa juta tahun lalu, bentuk-bentuknya pun unik nampak jelas tempat ini juga merupakan kawasan purbakala.

Selain menikmati keindahannya, Curug Templek juga kerap dijadikan tempat bersepeda atau panjat tebing dengan ketinggian 54 meter yang tepat di sekitar curug. Bagi apara pecinta fotografi tempat ini juga memiliki spot spot menarik di sekitarnya.

Fasilitas di tempat ini sudah lumayan memadai, karena sudah tersedia warung, toilet, tempat sholat saung untuk beristirahat dan kolam ikan. Untuk tiket masuk pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja sebesar Rp 5.000.