Rabeg, Kuliner Khas Cilegon Penuh Rempah

Jumat, 31 Juli 2020 – 17:02 WIB

Rabeg

Rabeg

CILEGON, REQnews - Liburan ke Cilegon tak melulu harus menikmati Pantai Anyer. Cicipi juga kuliner khas nya, seperti Rabeg. Makanan satu ini dijamin membuat Anda penasaran, karena dari aromanya saja sudah begitu menggoda.

Rabeg Cilegon merupakan masakan berkuah dan memiliki rasa yang begitu khas karena bumbunya terbuat dari rempah-rempah. Bahan dasar membuat Rabeg ini yaitu dari olahan dagi sapi atau kambing, serta dicampur dengan potongan jeroan.

Bumbu rempah-rempah yang melumuri daging begitu menggiurkan, ditambah lagi aromanya yang begitu harum khas rempah. Biasanya masayarakat Cilegon menyantapnya dengan nasi uduk, emping dan acar ketimun yang membuat hidangan ini semakin nikmat.

Namun, Anda pun harus berhati-hati karena makanan ini mengandung kolesterol tinggi. Biasanya masakan ini disajikan ketika diadakannya acara adat masyarakat Banten, contohnya seperti pernikahan. Karena menurut sejarah, Rabeg merupakan hidangan istimewa sejak masa kepemimpinan Sultan Hasanuddin Banten. Maka dari itu, masyarakat sekitar menganggap begitu spesial karena keberadaannya telah ada sejak dulu.

Jika ingin menikmati makanan ini, Anda tidak perlu menunggu momen ketika adanya acara tradisional di sini karena sudah banyak yang menjajakannya. Penjual Rabeg bisa Anda temui disepanjang jalanan Cilegon dan Serang, terdapat tenda kaki lima berjajar di sepanjang jalan. Biasanya, Rabeg yang paling digemari berada di belakang Masjid Agung Cilegon.