Bukan Cuma Amerika, Semarang juga Punya Grand Canyon

Minggu, 02 Agustus 2020 – 02:04 WIB

Grand Canyon Semarang

Grand Canyon Semarang

SEMARANG, REQnews - Bukan hanya Amerika yang memilki Grand Canyon dan Pangandaran dengan Green Canyonnya, Semarang pun terdapat Grand Canyon yang tak kalah menakjubkan.

Berada di wilayah Rowosari, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, atau tepatnya 30 menit dari pusat Kota Semarang. Yang membedakan antara Grand Canyon di Amerika dan Semarang adalah proses pembentukannya.

Jika di Amerika terbentuk akibat kikisan Sungai Colorado, sedangkan di Semarang terbentuk karena kegiatan pertambangan dan penggalian yang dilakukan oleh penambang batu bara.

Kawasan Worosari sejak dulu memang menjadi lokasi galian batu dan pasir, sehingga kini membentuk tebing-tebing yang menyerupai Grand Canyon yang ada di Amerika.

Pemandangan Grand Canyon Semarang tidak kalah indahnya dengan yang ada di Amerika. Meskipun tingginya tidak seperti di Amerika, namun tempat ini cukup banyak menarik para wisatawan.

Deretan tebing-tebing disertai burung-burung liar yang berterbangan di sekitarnya, semakin melengkapi kemegahan tempat tersebut.

Grand Canyon ini menjadi tempat baru para fotografer karena banyak spot menarik untuk dipotret. Selain itu, tebing-tebing di sini juga cocok bagi para pecinta Rock Climbing (panjat tebing) dan ketinggiannya pun cukup membuat jantung Anda tak berhenti berdebar.

Sebenarnya, lokasi ini bukanlah tempat wisata yang resmi dikelola pemerintah atau perusahaan wisata lainnya. Namun masyarakat memanfaatkannya menjadi salah satu tempat wisata baru, apalagi para penggila foto tempat ini bisa menjadi tempat alternatif untuk selfie karena pemandangannya sungguh menkajubkan.