Menikmati Lontong Kupang dengan Es Degan, Rasanya Kaya Mantan Sulit Dilupakan

Jumat, 07 Agustus 2020 – 13:30 WIB

Lontong Kupang

Lontong Kupang

JAKARTA, REQnews - Jawa Timur memang dikenal memiliki banyak destinasi wisata menarik yang membuat wisatawan tidak pernah bosan berkunjung. Selain terkenal dengan wisata alam, Jawa Timur juga memiliki kuliner yang tidak boleh dilewatkan. salah satunya adalah Lontong Kupang.

Kuliner ini merupakan makanan khas dari Sidoarjo, Jawa Timur. Bahan-bahan untuk membuat makanan ini sangat mudah. Terdiri dari lontong, lento dan kupang. Kupang adalah sejenis kerang laut berukuran kecil berwarna putih. Sedangkan lento merupakan olahan dari kacang telo berbentuk oval. Kemudian kacang yang digoreng hingga garing.

Cara membuatnya pun cukup mudah, masukan irisan lontong dan lento ke dalam piring, kemudian siram dengan kuah kupang dengan tambahan bumbu petis dan bawang putih. Namun sebelum dihidangkan, bawang putih dan cabai dihaluskan terlebih dahulu, kemudian ditambah dengan petis dan perasan air jeruk nipis.

Menariknya, Lontong Kupang memiliki cerita tersendiri. Masyarakat mempercayai jika memakan lontong kupang sambil minum air degan (kelapa muda), konon dapat meyembuhkan segala penyakit yang ada di dalam tubuh.

Lontong kupang biasanya disajikan dengan sate kerang dan es degan yang disajikan bersama tempurungnya. Rasa lontong kupang yang lezat ditambah es degan yang segar, sambil menikmati suasana Jawa Timur yang masih tradisional, membuat santapan Anda semakin nikmat.