Bukan Cuma Soto, Kuliner Lamongan Berikut ini Wajib Dicoba

Senin, 10 Agustus 2020 – 07:04 WIB

Tahu Campur Lamongan

Tahu Campur Lamongan

JAKARTA, REQnews - Lamongan menjadi salah satu daerah yang memiliki berbagai sajian kuliner menggugah selera. Jika selama ini kita hanya mengenal kuliner Kota Lamongan adalah soto, ternyata ada beberapa kuliner lainnya yang tak kalah lezatnya.

Tahu Campur Lamongan

Panganan satu ini sebenarnya bisa Anda jumpai di beberapa wilayah Jawa lainnya. Biasanya Tahu Campur Lamongan dijajakan di pinggiran kota saat malam hari. Terdiri dari tahu, lontong, perkedel, ketela pohon, bihun, daging sapi, daun selada dan kecambah (toge), kuliner ini bisa dikatakan lengkap gizinya. Jika di Jawa Barat biasanya hidangan serupa seperti Kupat Tahu diberi saus kacang, untuk Tahu Campur Lamongan ini diberi kuah petis udang. Tentunya akan mencipatakan rasa yang segar saat di santap.

Bandeng Colo

Makanan khas Lamongan satu ini berbahan utama ikan bandeng. Sekilas Bandeng Colo seperti pindang, karena warnanya juga kuning. Bandeng colo terkenal dengan rasanya yang lezat dan pedas, apalagi jika disantap bersama nasi hangat. Dinamakan colo karena sambal pedasnya bercampur dengan rasa masam dari jeruk nipis. Di Lamongan, makanan ini hanya bisa dijumpai di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Sunan Giri, Lamongan, Jawa Timur.

Es Dawet Siwalan

Minuman khas Lamongan ini belum banyak orang tahu. Buah siwalan adalah sejenis buah langaka yang kini menjadi perhatian, karena buah tersebut tidak ada di semua daerah di Indonesia ada. Bahkan, mungkin sebagian orang tidak tahu apa itu buah siwalan. Siwalan biasa disebut dengan pohon lontar adalah sejenis palma (palem) yang tumbuh di daerah Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Sedangkan buah Siwalan adalah buah yang dihasilkan oleh pohon siwalan. Di Indonesia, biasanya tumbuh didaerah kering seperti pesisir utara Jawa. Jika Anda penyuka minuman dingin, maka harus mencicipi es siwalan ini. Di Lamongan, es dawet siwalan ini sudah sangat terkenal dan juga banyak peminatnya.