Pantai Kutang Lamongan, Harta Karun Para Gadis yang Sengaja Ditinggal

Senin, 10 Agustus 2020 – 09:30 WIB

Pantai Kutang, Lamongan

Pantai Kutang, Lamongan

JAKARTA, REQnews - Jika melancong ke daerah Lamongan, sempatkan berkunjung ke Pantai Kutang. Memang terdengar menggelikan, tapi memang itu namanya.

Berdasarkan dari berbagai cerita, konon asal mula nama pantai ini karena dulunya sering dikunjungi oleh para remaja, khususnya wanita, yang ingin berenang dan bermain-main. Namun ketika akan pulang, para pengunjung tersebut malah meninggalkan pakaian dalamnya. Nah, dari situlah warga setempat memberi nama Pantai Kutang.

Pantai Kutang merupakan salah satu pantai yang terletak di pesisir utara Jawa, Dusun Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Dalam bahasa Jawa, nama 'kutang' berarti dalaman khusus yang biasa dipakai wanita, namanya memang sedikit sensual namun pantai ini bukan berarti berbentuk seperti'kutang'.

Pemandangan pantai ini sangatlah indah, memiliki pasir putih, laut biru dan memiliki kerikil-kerikil kecil di sepanjang pantainya. Terdapat juga pepohonan hijau yang semakin mempercantik suasana pantai ini. Anda juga bisa menggunakan pohon disana sebagai ayunan sambil menikmati pemandangan sekitar.

Waktu yang paling tepat untuk bermain di pantai ini adalah saat air laut sedang surut. Anda akan menemukan rumput laut dan bebatuan yang sebelumnya berada di dasar laut. Ketika sore hari tiba, Anda jangan dulu beranjak dari Pantai Kutang, karena saat inilah yang paling ditunggu-tunggu.

Meski pantai ini berada di sebelah utara, namun sunset di sini memang selalu menawarkan suasana indah dan romantis.