Warna Warni Topeng Tengkorak di Meksiko

Senin, 28 Januari 2019 – 13:00 WIB

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, REQnews - Día De Los Muertos Parade atau Day of the Dead adalah festival yang merayakan hari orang mati, di Meksiko. Merupakan pesta adat untuk menghormati leluhur yang biasanya diadakan pada bulan November.

Orang-orang Meksiko menandai hari itu dengan membangun altar di rumah mereka, dengan persembahan makanan dan minuman bagi mereka yang telah meninggal. Mereka percaya bahwa sanak keluarga mereka yang sudah meninggal akan kembali.

Biasanya festival ini dirayakan selama dua hari, hari pertama disebut sebagai Día de los Inocentes atau Hari Orang-Orang Tak Bersalah. Maksudnya adalah untuk merayakan atau menghormati anak-anak dan bayi yang telah meninggal. Sementara pada hari ke dua disebut Día de los Muertos atau Día de los Difuntos. yakni untuk menghormati kehidupan orang dewasa yang telah meninggal.

Masyarakat turun ke jalan menggunakan pakaian dan berdandan dengan karakter mengerikan, para perempuan mengenakan kostum abad ke-19 yang elegan dengan wajah tengkorak. Dia de los Muertos diyakini berasal dari festival Aztec, yang menyakini bahwa orang mati kembali ke Bumi untuk sementara waktu. Dan festival ini telah ada sejak 3.000 tahun. (nls)