Nama Tempat Wisata di Indonesia yang Bikin Tepok Jidat

Selasa, 15 September 2020 – 07:33 WIB

Green Kenyot, Bandung

Green Kenyot, Bandung

JAKARTA, REQnews - Indonesia seolah surganya tempat wisata. Berbagai jenis wisata alam mulai dari pegunungan, perkebunan, pantai dan sejenisnya, ada di Indonesia.

Demikian juga dengan wisata bersejarah, seperti candi, serta bangunan-bangunan tua peninggalan zaman penjajahan, banyak terdapat di Indonesia. Namun tak jarang nama tempat wisata di tanah air bikin geleng-geleng kepala karena sebutannya terkesan aneh dan nyeleneh. Berikut nama tempatnya:

1. Pantai Kutang
Terletak di Desa Labuhun, Brondong, Lamongan, Jawa Timur. Walaupun memiliki nama yang nyeleneh, pantai ini memiliki panorama alam yang indah. Dalam Bahasa Jawa sendiri, Kutang artinya pakaian dalam. Mengapa dinamakan demikian? Dikarenakan dulu di tempat ini warga sering menemukan pakaian dalam berserakan di sekitar pantai, maka dari itu disebut Pantai Kutang. Pengunjung tidak akan dipungut biaya apapun, alias gratis. Hanya membayar parkir kendara Rp. 2000 jika membawa kendaraan.

2. Air Terjun Kakek Bodo
Sama-sama terletak di Jawa Timur. Air Terjun Kakek Bodo ini terletak di Pasuruan. Kenapa dinamakan demikian? Ini berasal dari kisah seorang kakek yang mengabdikan hidupnya kepada keluarga Belanda dan memutuskan untuk bertapa di air terjun tersebut, sehingga pada akhirnya keluarganya sendiri menyebutnya bodoh.

3. Goa Pocong
Masih berada di Jawa Timur. Bukan tanpa alasan dinamakan pocong, karena batu didalam goa tersebut berbentuk menyerupai pocong. Walaupun namanya menyeramkan, nuansa dan suasananya tak seseram namanya. Anda bisa melihat keindahan goa tersebut jika ingin berpetualang di bagian dalam goa.

4. Candi Asu Sengi
Pindah ke Jawa Tengah, ada Candi Asu Sengi. Jika diartikan dari Bahasa Jawa, Asu memilki arti Anjing. Mendengarnya saja mungkin terlintas dipikiran Anda bahwa disekitar candi tersebut banyak anjing. Tepat sekali! Dinamakan Candi Asu Sengi, karena banyaknya anjing yang berkeliaran di sekitar kawasan candi. Walaupun banyak anjing berkeliaran, tapi anjing-anjing itu bersahabat dengan para pengunjung yang datang. Kata Sengi sendiri diambil dari nama desa tempat candi itu berada.

5. Green Kenyot
Di daerah Bandung, Jawa Barat, ada tempat yang diberi nama Green Kenyot. Nama Green Kenyot sendiri berasal dari kemiripan tebing yang berada di sungai Kahurupan, mirip sekali dengan Green canyon yang berada di Amerika Serikat. (Widya)