IFBC Banner

Nikmati Sunrise di Candi Borobudur dari Enam Tempat

Kamis, 24 September 2020 – 02:00 WIB

punthuk setumbu

punthuk setumbu

JAKARTA, REQnews - Bagi sebagian orang, melihat proses terbitnya matahari atau sunrise merupakan kenikmatan tersendiri. Apalagi saat kita bisa menikmatinya di perbukitan. Banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita ketika menikmati sunrise. Selain baik untuk tubuh, efek sinar matahari pagi juga baik untuk men-stabilkan kondisi kejiwaan, terutama bagi mereka yang rentan terhadap depresi ataupun stres.

Salah satu lokasi untuk menikmati sunrise adalah Candi Borobudur. Lokasinya yang berada di kawasan perbukitan membuat Candi Borobudur menjadi salah satu tempat terbaik di Jawa Tengah untuk menikmati pemandangan sunrise. Untuk menikmati keindahan sunrise di sekitar Borobudur, juga punya banyak pilihan. Beberapa wisatawan lebih memilih menikmati sunrise di sekitar Candi Borobudur dengan mengunjungi beberapa bukit yang ada di sekitarnya, yang pemandangannya tidak kalah keren.

Yang pertama adalah Punthuk Setumbu. Tempat paling terkenal untuk menikmati pemandangan sunrise di sekitar Candi Borobudur. Beberapa orang mungkin tahu tempat ini dari film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2). Namun jauh sebelum itu, Punthuk Setumbu sudah dikenal oleh banyak orang. Tak hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara. Beberapa orang sering menyebut tempat ini dengan Borobudur Nirvana Sunrise. Bukit Punthuk Setumbu memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl. Dari tempat ini, kita bisa menyaksikan indahnya bukit-bukit di sekitar Candi Borobudur. Lokasi bukit ini berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Kemudian adalah Gereja Ayam. Hanya berjarak beberapa menit berjalan kaki dari bukit Punthuk Setumbu, Gereja Ayam juga merupakan tempat yang menyenangkan untuk menikmati pemandangan sunrise di sekitar Borobudur. Gereja Ayam merupakan bekas rumah ibadah yang kini lebih sering dikunjungi wisatawan karena tempat ini memang sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata. Dari atas gedung ini kita bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau di sekitar Candi Borobudur

Purwosari Hill. Lokasinya masih berada di sekitar Gereja Ayam dan Punthuk Setumbu. Untuk menuju ke bukit ini, kita bisa melalui jalan setapak dari Gereja Ayam atau Punthuk Setumbu. Bisa juga melalui rute yang memang mengarah langsung ke Purwosari Hill. Pemandangan yang disajikan bukit ini tidak jauh berbeda dengan Punthuk Setumbu meskipun namanya memang kurang terkenal. Lokasi Purwosari Hill berada di Dusun Wonotigo, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang

Punthuk Mongkrong merupakan tempat yang telah dikembangkan sedemikian rupa untuk menikmati pemandangan bukit di sekitar Borobudur. Konsepnya mirip Kalibiru. Disana terdapat rumah pohon serta spot foto khusus berupa jembatan bambu. Dari tempat ini, kita juga bisa menikmati pemandangan sunrise yang tak kalah cantik. Lokasi Punthuk Mongkrong berada di Dusun Kedu, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang.

Punthuk Kendil. Sama seperti Punthuk Mongkrong, di Punthuk Kendil juga terdapat spot foto khusus yang terbuat dari bambu. Dari tempat ini kita bisa menikmati pemandangan 4 gunung di Jawa Tengah yakni Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. Jika cuaca sedang cerah, pemandangan sunrise di Punthuk Kendil juga tidak kalah dari tempat-tempat lain. Lokasi tempat ini berada di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang

Punthuk Sukmojoyo. Lokasinya masih berada di kawasan yang sama dengan Punthuk Kendil dan Punthuk Mongkrong. Sama seperti kedua tetangganya, di Punthuk Sukmojoyo juga disediakan spot khsusus untuk foto yang berada di atas pohon. Lokasi tempat ini berada di bawah Punthuk Mongkrong, tepatnya di Dusun Giripurno, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang.