Menyapu Pandang Sekujur Danau Toba dari Bukit Tarabunga

Kamis, 24 September 2020 – 03:03 WIB

Bukit Tarabunga

Bukit Tarabunga

JAKARTA, REQnews - Bagi Anda penggemar pemandangan alam pematang sawah, sebaiknya jangan lewatkan obyek wisata Bukit Tarabunga di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Sebab, dari perbukitan Tarabunga yang terletak di salah satu desa dari enam desa di Kecamatan Tampahan, maka kita akan menikmati keindahan Danau Toba. Desa Tarabunga ini berada di sebelah selatan Kabupaten Tobasa dan berbatasan dengan Tapanuli Utara.

Bukit Tarabunga menawarkan pemandangan barisan bukit di pinggir danau, langit merah yang sering kali juga memunculkan aneka warna bak pelangi saat matahari terbit dan pemandangan matahari terbenam yang tak kalah memukau. Desa Tarabunga ini berada di dataran tinggi, karenanya suhunya terasa dingin dan sejuk. dari atas bukit Desa Tarabunga, tampak jelas permukaan air danau toba seperti tikar membentang luas nan membiru.

Perkampungan sekitar Danau Toba juga akan dapat dilihat tersusun indah berikut panoramanya. Sehingga tak jarang, lokasi itu dijadikan sebagai latar belakang pemotretan pra-wedding atau tempat camping oleh para mahasiswa pecinta alam. Pemandangan sawah bertingkat menjadi pemandangan yang tidak boleh dilewatkan untuk berfoto sebelum atau sesudah Anda mendokumentasikan sudut terbaik Danau Toba. Bukit Tarabunga kaya akan spot foto menarik. Terutama di pagi dan sore hari, Anda akan mendapatkan foto yang bagus. Ada baiknya menghindari mengambil foto di siang hari, karena langit terlalu terang sehingga menyilaukan dan cahaya menutupi keindahan padi.

Pemandangan indah yang satu ini memang tak bisa setiap saat dapat Anda nikmati, karena harus melihat pada musimnya juga. Pada musim kemarau, kawasan tersebut akan lebih mirip sebagai padang savanna dengan beberapa ilalang dan bekas tanaman padi yang sudah kering. Meski begitu, ada juga pemandangan yang memukau dengan tambahan beberapa burung liar yang mencari makan di tengah-tengah lumpur.

Pada saat musim tanam, padi di kawasan ini sangat ramai dengan masyarakat yang bercocok tanam mengingat penghasilan utama dari masyarakat yang ada disini memang dari persawahan tersebut. Jadi tak heran hingga waktu menunjukkan tengah malam sekalipun, pada saat musim tanam tiba lahan persawahan tak akan pernah sepi dengan penghuni, ada saja yang datang kesana untuk sekedar menggarap sawah.

Bukit Tarabunga sudah menjadi objek wisata setempat. Wisatawan selalu memadati bukit di akhir pekan dan hari besar keagamaan, ada keluarga yang melakukan piknik dan ada pula pasangan kekasih yang menikmati pemandangan dengan duduk di atas batu. Di atas bukit ini juga terdapat beberapa makam orang Kristen Batak Toba. Sebagian dari mereka percaya bahwa tempat-tempat yang tinggi bisa lebih mudah mengantarkan jiwa-jiwa ke surga.

Bukit Tarabunga tak jauh dari pusat ibu kota Kabupaten Tobasa, Balige, sekitar 5 kilometer saja. Bukit ini pun hanya 2 kilometer dari kantor Kecamatan Tampahan. Tidak jauh dari Kantor Dinas Pariwisata Daerah Balige, kawasan Bukit Tarabunga memiliki akses jalan yang bagus hingga ke puncak. Sehingga Anda cukup mudah menjangkau obyek wisata tersebut tanpa harus kesulitan.