IFBC Banner

NTT tak Hanya Punya Labuan Bajo

Sabtu, 26 September 2020 – 02:04 WIB

Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin

JAKARTA, REQnews - Yang terbayang di benak banyak orang tentang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTTT), mungkin hanya Labuan Bajo.

Padahal, provinsi yang terletak di tenggara Indonesia ini memiliki banyak daya tarik tempat wisata. Sebab, tempat wisata di NTT juga sangat beragam dan tidak akan mengecewakan siapa saja yang mengunjunginya.

Berikut adalah tempat wisata di Nusa Tenggara Timur yang menarik untuk Anda kunjungi.

Gua Batu Cermin
Dinding gua akan saling memantulkan cahaya yang masuk. Seakan dinding-dinding ini seperti cermin yang meneruskan cahaya ke segala arah. Di langit-langit gua terlihat banyak kristal menempel yang sebenarnya adalah sisa garam. Dan tentang misteri tentang fosil penyu berumur rastusan tahun yang belum diketahui kisahnya.

Pantai Pink
Di dunia hanya ada 9 pantai pink, dua di antaranya ada di Indonesia. Saat pasir-pasir putih di pantai tersebut terkena cahaya, kilauan warna pink akan terlihat. Warna pink ini tercipta dari hewan mikroskopik yang bercapur dengan air laut. Hamparan rumput seperti di Labuan Bajo dengan punuk-punuk bukit menjadikan pantai ini semakin menawan. Tak perlu menyelam, karena biota laut sudah bisa kamu nikmati dengan bersnorkling di pinggir.

Air Terjun Oenesu
Memiliki ketinggian 10 meter dengan 4 tingkatan dan kolam, air terjun ini terletak di balik rimbun pepohonan. Pada tengah-tengah air terjun, terdapat batu besar yang terlihat mirip seperti patung kepala singa.

Air Terjun Cunca Rami
Perjalanan sepanjang 2 km dengan trekking di Hutan Mbeliling, kamu akan temukan air terjun setinggi 30 meter. Memiliki kolam cukup dalam, sehingga berhati-hatilah saat berenang.

Pantai Koka
Tidak jauh dari Maureme. Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing karang. Jika melihat ke tengah laut, terdapat karang kecil. Karang tersebut menjadi tempat tinggal ular-ular tak berbisa.

Pulau Komodo
Pulau ini menjadi habitat asli komodo atau Varanus Komodoensis atau ora (sebutan dari penduduk Pulau Komodo). Selain hewan endemik komodo, pulau ini memiliki eksotisme flora semisal kayu sepang yang dapat digunakan sebagai obat dan pewarna pakaian, pohon nitak atau sterculia oblongata yang bijinya gurih seperti kacang polong.

Taman Laut Pulau Komodo
Memiliki keindahan alam bawah laut yang menjadi salah satu tujuan para penyelam mancanegara. Taman Laut ini memiliki kekayaan dan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia. Di taman laut ini hidup lebih dari 1.000 jenis ikan, 385 terumbu karang, 105 jenis kepiting, 70 jenis sponges, 10 jenis lumba-lumba, 6 hiu, penyu hijau dan hawksbill, duyung, hiu dan pari manta.

Danau Kelimutu
Terletak di puncak Gunung Kelimutu, NTT. Tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Kata “kelimutu” berasal dari kata “keli” yang berarti “gunung” dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Danau Kelimutu ini dikenal sebagai danau tiga warna karena di sana ada tiga danau yang berdekatan dengan warna air yang berbeda-beda.

Pantai Nihiwatu
Pantai Nihiwatu ini termasuk dalam salah satu dari 100 pantai terindah di dunia. Tak tanggung-tanggung, Pantai Nihiwatu menduduki peringkat ke-17. Pantai yang terletak di arah 30 km dari kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT ini memiliki hamparan pasir putih sepanjang 2,5 km.

Pantai Mandorak
Keberadaannya belum diketahui oleh banyak orang. Padahal pesona yang disuguhkan sungguh menawan dan bikin mabuk kepayang. Lokasinya berada di balik tebing. Lebar pantai ini hanya sekitar 50-an meter saja, sehingga wajar kalau tidak banyak yang mengetahui keberadaan pantai ini.

Pantai Ratenggaro
Pantai ini menawarkan dua wisata sekaligus, wisata pantai dan wisata budaya. Selain bisa bermain dengan air pantai dan menikmati angin laut, wisatawan juga bisa menelusuri rumah-rumah adat beratapkan ilalang dengan bentuk vertikal yang sangat unik. Di sekitar pantai ini selain terdapat rumah-rumah adat Sumba, juga ada kuburan-kuburan batu yang bisa ditemui di pinggiran pantai dengan ketinggian bervariasi.

Pantai Tablolong
Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kupang. Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit warga untuk menghabiskan waktu disaat libur. Meskipun lokasinya tidak terlalu jauh dari kota, namun pantai ini cukup bersih. Air lautnya berwarna biru toska dengan pasir pantai berwarna putih dan sangat lembut. Di pinggir pantai, kita bisa melihat pulau Rote yang menyembul di kejauhan.

Pantai Kolbano
Pantai ini memiliki pesona lain, berupa batu-batu kecil lembut dengan berbagai macam warna dan bentuk yang bisa dijumpai di sepanjang pantai. Airnya benar-benar jernih. Pantai ini memiliki sebuah landmark berupa batu yang disebut Fatu Un. Dari batu raksasa ini kita bisa menyaksikan pemandangan gradasi laut yang benar-benar menakjubkan.