Roti Kemang Saus Durian, Kudapan Spesial Khas Muara Kelingi

Jumat, 09 Oktober 2020 – 06:31 WIB

Roti Kemang Saus Durian

Roti Kemang Saus Durian

PALEMBANG, REQnews - Sumatera Selatan tidak hanya terkenal dengan kuliner pempek. Ada berbagai macam kuliner khas Sumatera Selatan, salah satunya adalah Roti Kemang. Hidangan ini bisa disantap di salah satu kecamatan di Sumatera Selatan, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas.

Roti Kemang memiliki keunikan tersendiri. Di bagian tengah roti berisi kelapa dengan gula merah. Roti ini paling nikmat disantap dengan ketan didampingi dengan saus durian. Makanan ini juga bisa disantap saat sarapan.

Bahan-bahan untuk membuat hidangan khas ini sangat mudah ditemukan, diantaranya gula, tepung terigu, telur, mentega, minyak sayur, air tape dan air. Pada zaman dulu, Roti Kemang dimasak dengan api tungku kayu, namun kini Roti Kemang bisa dimasak dengan panggangan maupun oven.

Roti Kemang ini merupakan asli dari Muara Kelingi. Makanan ini biasa dijajakan setiap ada hajatan di Muara Kelingi. Kuliner ini tidak dijual di toko-toko makanan, dan hanya bisa ditemukan saat masyarakat Muara Kelingi kebetulan membuat Roti Kemang.