Kopi Kawa: Kopi yang Bukan dari Biji Kopi

Kamis, 15 Oktober 2020 – 12:00 WIB

Kopi Kawa

Kopi Kawa

JAKARTA, REQnews - Bagi Anda para pencinta kopi, wajib menikmati minuman yang berasal dari daun kopi satu ini. Di Sumatera Barat, tepatnya di Bukittinggi, terdapat berbagai kopi yang berbahan dasar dari daun kopi.

Kopi Daun Kawa namanya. Kopi ini mulanya berasal dari Kampung Kanagarian Tabek Patah, Batusangkar, Kabupaten Tanah datar, Sumatera Barat.

Menurut cerita, dahulu awalnya masyarakat tidak boleh memetik hasil pertanian seperti biji kopi. Karena kita tidak bisa menikmati biji kopi, akhirnya masyarakat mencoba menikmati daunnya yang diseduh dengan air panas. Ternyata, daunya tidak kalah nikmat rasanya dengan biji kopinya sendiri.

Warung kopi yang berada dijalan raya Bukittinggi - Payakumbuh KM 6 tepatnya di Danau Kawah Bero ini, menyediakan 3 jenis minuman berbahan dasar daun kopi. Kopi yang ditawarkan antara lain; Kopi Kawa Biasa, Kopi Kawa Susu, dan Kawa Telur Ayam.

Untuk proses pembuatannya sendiri sangat mudah. Awalnya daun kopi yang masih segar diambil dari ladang, kemudian disangrai. Setelah disangrai daunnya, didihkan air terlebih dahulu kemudian dimasukan daun hasil sangrai tersebut. Setelah itu, biarkan hingga mendidih sekitar 5 menit.

Cara penyajiannya cukup unik, daun kopi hasil seduhan ditadi disajikan menggunakan tempurung kelapa dan batang bambu. Cara penyajian tersebut sudah digunakan sejak dahulu dan untuk menjaga cita rasa kopi tersebut.

Khasiat dari Kopi Daun Kawa ini sangat cocok bagi para penderita diabetes. Memang sejauh ini belum ada penelitian tentang kasiat daun kawa ini, tetapi kebanyakan yang mengkonsumsi adalah orang-orang yang diabetes. Terlebih jika tidak menggunakan gula, minuman ini baik untuk penderita diabetes dan rasanya hampir mirip teh.

Harga Kopi Kawa disini juga sangat murah. Dibanderol dengan harga mulai Rp 3.000, Kawa Susu Rp 5.500 dan Kawa Telur Rp 6.500. Sebagai teman minum kopi juga dijajakan berbagai camilan, seperti tahu isi, bakwan, pisang goreng dan bika panggang.

Dibelakang kedai kopi ini juga terdapat panorama indah Gunung Marapi. Para tamu yang datang mendapat bonus pemandangan yang indah. Tentunya, sangat nikmat menikmati kopi sambil melihat pemandangan yang indah.