5 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Nyamuk sampai Museum Sisa Hartaku

Sabtu, 17 Oktober 2020 – 16:32 WIB

5 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Nyamuk sampai Museum Sisa Hartaku

5 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Nyamuk sampai Museum Sisa Hartaku

JAKARTA, REQnews- Kita wajib bangga dengan Indonesia, tak hanya kaya dalam budaya namun juga kaya akan wisata. Contohnya saja museum yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, tak hanya menampilkan sejarah yang patut dikenang.

Ternyata Indonesia juga mempunyai museum unik yang wajib kamu kunjungi.

Berikut deretan museum bertema unik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi:

1. Museum Rekor Indonesia

Tak kalah dengan Guinness World Records, Indonesia juga punya Museum Rekor Indonesia di Semarang, Jawa Tengah, yang mencatat prestasi-prestasi unik yang pernah ditorehkan penduduk di penjuru Tanah Air.

Museum ini juga satu kawasan dengan pabrik Jamu Jago, sehingga kamu bisa sekaligus mendatanginya.

2. Museum Pasifika
Kalau ingin menikmati lukisan karya maestro Indonesia, seperti Affandi atau Nyoman Gunarsa, silakan mendatangi museum yang terletak di Nusa Dua, Bali ini. Museum Pasifika juga disebut sebagai museum yang menyimpan karya seni seniman Indonesia yang paling lengkap.


3. Museum Tsunami

Bencana alam tsunami yang menerjang Aceh pada tahun 2004 masih menyisakan duka yang kelam bagi masyarakat. Jika ingin mengetahui sejarah tsunami, dampak yang ditimbulkan, dan kenangan dari korban yang selamat, silakan kunjungi museum ini. Jangan lupa mendoakan para korban ya gaes.

 

4. Museum Nyamuk
Berada di Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat, museum ini dimiliki oleh Departemen Kesehatan RI melalui lembaga Loka Penelitian, Pengembangan dan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Loka Litbang P2B2) Ciamis. Seperti namanya, turis bisa mengetahui segala macam tentang sejarah nyamuk Nusantara dan penyakit yang disebabkannya, berikut ilmu pengobatannya.

 

5. Museum Sisa Hartaku
Mirip dengan Museum Tsunami di Aceh, museum yang berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, ini juga mengungkap sejarah dan kenangan dari letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 - yang juga menewaskan sang kuncen, Mbah Maridjan. Museum ini bisa dikunjungi dengan paket wisata Lava Tour alias naik mobil jip keliling kaki Gunung Merapi.