Mari Menari di Desa Menari

Sabtu, 21 November 2020 – 19:04 WIB

Penduduk Desa Menari (Foto:Istimewa)

Penduduk Desa Menari (Foto:Istimewa)

SEMARANG, REQNews - Dusun Tanon, Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan merupakan wilayah bagian dari Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Letak Dusun Tanon sangat strategis dan mudah dijangkau, letak Desa Ngrawan tidak jauh dari pusat-pusat kota. Dusun Tanon yang dikenal sebagai Desa Menari ini, alamnya masih sangat asri, di bawah kaki Gunung Telomoyo, sehingga memiliki hawa yang sangat sejuk, jauh dari polusi, kehidupan masyarakatnya yang masih sangat alami jauh dari hiruk pikuk dan kehidupan modern sangatlah disukai oleh masyarakat kota, suasana alam dan kehidupan desa yang tenang inilah salah satu yang ditawarkan. 

Dusun yang warganya sangat sederhana tersebut, yang dulu nama dusun itu tak pernah didengar, kini siapa yang tak mengenalnya. Ada yang unik dan sangat inspiratif di dusun itu, dusun tersebut dikenal dengan sebutan “Desa Manari”.

Desa Menari merupakan desa wisata, di mana para pekerja adalah seluruh penduduk dusun tersebut. Bila anda ingin berkunjung ke sana, harus membuat janji terlebih dahulu. Mengapa demikian? Pasalnya sehari-hari para penduduk Dusun Tanon bekerja di ladang, sawah, dan menjadi peternak. Ketika ada yang menghubungi untuk datang ke dusun mereka, maka mereka meninggalkan pekerjaannya, dan berbagai tugas untuk melayani tamu yang datang.

Ada apa saja di Desa Menari? Banyak aktivitas yang bisa anda lakukan. Kebanyakan yang datang adalah romobongan.  Desa Menari menawarkan suasana desa yang asri dan juga memperkenalkan kehidupan pedesaan. Sangat bermanfaat untuk pendidikan anak-anak di mana di sana juga diperkenalkan berbagai tarian dan permainan tradisional.

Berkunjung ke Desa Menari, Anda  akan disambut dengan tarian-tarian kebanggan penduduk dusun tersebut,  tarian itu berasal dari nenek moyang mereka, yang terkenal dari dulu sebagai penari-penari yang handal. Dari usia anak-anak hingga tua, hampir semua penduduk Dusun Tanon bisa menari, jadi tak heran apa bila desa ini memperkenalkan diri dengan sebutan Desa Manari.  

Desa Menari menawarkan berbagai paket  wisata, di antaranya paket outbond ndeso, yaitu outbond dengan permainan tradisional seperti toya gila, tangga manusia, pipa bocor, serok mancung dan masih banyak permianan lainnya. Ada juga paket wisata dolanan tradisonal, yaitu mengajak pengunjung untuk bermain permainan egrang, patok lele (bentik), gobak sodor, suda manda (engklek), dakon,dll. Paket wisata luar sekolah juga menjadi pilihan yang menarik, Anda akan diajak melihat dan praktek langsung bagaimana penduduk dusun tersebut mencari nafkah dengan cara bertani, merumput dan memberi makan sapi.

Ada juga paket wisata pagelaran seni, dimana pengunjung akan dimanjakan untuk menyaksikan menyaksikan pagelaran budaya Tari Topeng Ayu, Kuda Kiprah, Warok Kreasi, Kuda Debog dan banyak yang lainnya. Anda yang ingin mereasakan kehidupan masayarkat desa dari dekat, bisa memilih paket homestay, menginap di rumah penduduk dan mengikuti kegiatan warga, serta apresiasi seni bersama pada malam harinya. Paket wisata jelajah lereng Telomoyo, sangat menarik merasakan suasana pedesaan dengan berjalan kaki, yang dipadukan dengan mengunjungi Prasasti Ngrawan dan kunjungan ke Air Terjun.

Anda juga bisa membeli oleh-oleh  hasil pertanian dan kerajinan penduduk dusun. Mereka akan menggelar pasar dadakan, di sana penduduk dusun akan menjual hasil kebun mereka dan kerajinan yang mereka buat sendiri. Desa yang memadukan alam yang masih sangat asri, dengan pemandangan Gunung Telomoyo, menjadi paduan yang menarik untuk anda kunjungi.