Kuy! Cobain Bailong Elevator, Lanskap yang Menginspirasi Film Avatar

Sabtu, 21 November 2020 – 22:03 WIB

Bailong Elevator (Foto; Istimewa)

Bailong Elevator (Foto; Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Menjulang lebih dari 300 meter di atas permukaan tebing, tiga lift bertingkat di Taman Hutan Zhangjiajie, China ini menginspirasi lanskap untuk film blockbuster "Avatar".

Lift luar ruangan tertinggi di dunia mengajak wisatawan melihat pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Hanya dalam 88 detik, Lift ini mengantarkan wisatawan ke puncak permukaan batu pasir yang mengilhami bulan hutan fiksi Pandora - rumah bagi orang-orang Na'vi yang berkulit biru - dari film sukses yang dibesut James Cameron tahun 2009.

Namun, bagi Anda yang takut ketinggian, Anda dapat mendaki bukit tersebut tanpa menggunakan lift yang memakan waktu 2,5 jam untuk sampai ke puncak.

"Salah satu alasan utama kami datang adalah situs tersebut menginspirasi Avatar. Film itu sangat mengesankan kami. Dan sangat indah di sini " kata Qiao Ke (45) yang melakukan perjalanan dalam lift bersama keluarganya.

Lift Bailong ini juga dikenal sebagai Lift Seribu Naga. Puncak lift pada ketinggian 171,4 meter ini dibuka untuk umum sejak Mei 2002.

Pengerjaan lift ini memakan biaya sebesar Rp230 miliar dan menuai kritikan dari para aktivis lingkungan ketika dibangun pada 1999 karena bukit tersebut merupakan situs warisan dunia.

Lift ini sempat ditutup dengan alasan keamanan dan kembali dibuka pada 2003 dan menarik sekitar 5 juta pengunjung setiap tahunnya.

Dilansir laman Mirror, lift ini memegang tiga rekor dunia Guinness World Records sebagai outdoor lift tertinggi dengan full-exposure, outdoor lift tertinggi komersial bertingkat dan outdoor lift tertinggi tercepat dengan kapasitas terbanyak.

Selain lift outdoor ini, China juga menyuguhkan jembatan dengan lantai kaca terpanjang di dunia yang dikenal sebagai The Zhangjiajie Grand Canyon Glass Bridge. Jembatan ini memiliki panjang 374 meter di ketinggian 300 meter.