Mengapa Banyak Wanita Mengenakan Busana Warna Ungu di Pelantikan Joe Biden? Ini Penjelasannya

Kamis, 21 Januari 2021 – 05:45 WIB

Foto: marieclaire.com

Foto: marieclaire.com

Washington, REQNews.com -- Di lautan merah, putih, dan biru di Capitol Hill, mengapa begitu banyak perempuan mengenakan warna ungu?

Wapres Kamala Harris, mantan ibu negara Michelle Obama, dan calon presiden dari Partai Demokrat tahun 2015 Hillary Clinton, mengenakan warna ungu.

Ungu adalah campuran warna merah dan biru. Dua partai politik AS menggunakan warna-warna itu. Partai Republik menggunakan warna merah, dan biru untuk Partai Demokrat.

Jadi, ungu adalah simbol penyatuan Republik dan Demokrat, ketika perpecahan selama kampanye dan pemilu berakhir. Puncak penyatuan itu adalah pelantikan presiden.

Vanity Fair melaporkan secara historis ungu melambangkan kebangsawanan dan warna selain putih yang disukai hak pilih (suffragettes).

Menurut National Park Service, warna ungu dipilih oleh hak pilih tahun 1908 untuk mewakili darah bangsawan yang mengalir di pembunuh darah setiap mereka yang punya hak memilih dan dipilih,

Warna ungu juga mewakili naluri kebebasan dan martabat.

Wapres Kamala Harris, kini berusia 56 tahun, memiliki desainer kulit hitam Christopher John Robers dari Baton Rouge, Louisiana, dan Sergio Hudson dari California Selatan, untuk merancang pakaian di Hari Inaugurasi.

John Roberts dan Hudson populer karena sebelumnya mendandani mantan first lady of the US (FLOTUS) Michelle Obama dan Beyonce.

Warna lain yang memiliki arti tersendiri bagi Wapres Harris adalah violet. Harris dikabarkan menggunakan warna ini sebagai penghormatan terhadap Shirley Chisholm, wanita kulit hitam pertama yang mencalonkan diri sebagai presiden tahun 1972.

Selama kampanye, Chisholm sering menggunakan warna violet dalam brosur kampanye. Ia adalah calon dari Partai Demokrat.

Cosmopolitan melaporkan Chisholm juga wanita kulit hitam pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres AS.

Michelle Obama dikabarkan mengenakan busana karya Sergio Hudson, tetapi memilih setelan celana, dengan sabuk emas, bukan gaun seperti Harris.

Hillary Clinton juga mengenakan warna ungu selama pidato konsesi, setelah dikalahkan Donald Trump dalam pemilu 2016. Melania Trump, yang menemani Trump, mengenakan pakaian hitam saat meninggalkan Gedung Putih kali terakhir.

Pers menulis Melania Trump meninggalkan Gedung Putih dalam duka mendalam. Mungkin tidak ada ibu negara sebelumnya yang lebih menderita dari Melania.