Yuk Wisata ke Mekah dan Madinah Via Layar Ponselmu

Sabtu, 23 Januari 2021 – 16:02 WIB

Ilustrasi MUSLIM3D (Foto: Istimewa)

Ilustrasi MUSLIM3D (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Dampak pandemi virus Corona masih membuat keinginan umat muslim menunda keinginan untuk menunaikan ibadah haji dan umrah ke Mekah dan Madinah di Arab Saudi. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengirim surat resmi ke Kerajaan Arab Saudi untuk menanyakan kejelasan ibadah haji tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19.

“Pemerintahan Arab Saudi sedang melakukan berbagai upaya guna mendapatkan kepastian haji. Selain bersurat ke Saudi, Kemenag juga mengadakan pertemuan dengan perwakilan Indonesia di Saudi.” Kata Yaqut Senin 18 Januari 2021.

Yaqut memahami Saudi belum bisa memberi kepastian soal haji. Sebab akhir pandemi Covid-19 juga belum diketahui. Meski begitu, Kemenag tetap bersiap menyiapkan penyelenggaraan haji. Mereka kembali membuat tiga opsi jelang Haji 2021.

Bagi umat Muslim yang sudah rindu beribadah ke Tanah Suci, sebenarnya ada banyak cara untuk menatap Mekah dan Madinah, salah satunya melalui virtual di layar telepon genggam atau komputer.

Berikut lima pilihan wisata virtual haji yang dapat Anda kunjungi;

1. Labbaik VR

Labbaik VR, salah satu VR yang bisa dinikmati melalui situs www.labbaikvr.com, tim pembuatnya sudah mengembangkan video animasi 3D dengan konsep VR mengenai ibadah di Mekah selama delapan tahun. Yang disajikan dalam video VR juga bukan hanya pemandangan, namun lokasi-lokasi wajib untuk melakukan ritual haji dan umrah, saat tawaf sampai lempar jumrah.

2. MUSLIM3D

Berbeda dengan Labbaik VR, wisata virtual di Mekah ini bisa dinikmati melalui plikasi untuk iOS dan Android. Saat ini aplikasinya masih dalam tahap pengembangan, namun nantinya selain melihat pemandangan Mekah pengguna juga bisa berinteraksi untuk mengetahui sejarah bangunan suci tersebut. Pengunjung akan dibawa berwisata serasa didampingi oleh pemandu wisata.

3. Makkah Live

Tak perlu sedih lagi karena dampak pandemi Covid-19, membuat Anda tak bisa datang melihat secara langsung indahnya Pemandangan Masjidil Haram dan Kakbah. Secara langsung bisa dinikmati melalui video di Youtube ini. Setiap hari chaneel Youtube ini menampilkan siaran secara langsung selama 24 jam.

4. Wahi

Akun Youtube Wahi menyajikan video VR dengan menggunakan rig kamera VR: enam kamera mengarah ke segala arah. Pengalaman menonton video akan lebih nyaman jika menggunakan kacamata VR. Video tersebut bisa memberikan tampilan 360 derajat menyeluruh sudut Mekah.

 

5. Mecca City Tour

Jika beberapa website dan dan aplikasi sebelumnya menampilkan indahnya Mekah dan wisata haji, video yang ada di Youtube ini justru menampilkan ciamiknya suasana kota Mekah. Walau berada di tengah gurun pasir, namun kota ini sudah amat modern lengkap dengan gedung menjulang dan fasilitas publik yang tertata rapi.