Merinding! Ini Penampakan Thung Setthi Satu-satunya Candi di Dunia Pertemuan Tiga Alam

Sabtu, 23 Januari 2021 – 20:02 WIB

Thung Setthi (Foto: Istimewa)

Thung Setthi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews- Tak usah diragukan lagi, Bangkok terkenal sebagai kota yang punya banyak candi atau wat, seperti Wat Arun.

Wisata candi tersebut juga dijadikan sebagai ajang promosi wisata kelas dunia oleh Thailand. Salah satunya adalah candi Thung Setthi. Konon katanya, Orang candi candi Thung Setthi merupakan candi pertemuan tiga alam.

Candi ini terletak di pinggiran kota Khon Kaen, berjarak kurang lebih 8 km dari pusat kota. Perpaduan konsep kuno dan modern, menjadikan can di ini sebagai candi yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing di ASEAN.

Disebut pertemuan tiga alam lantaran candi Thung Setthi  memiliki 3 pagoda, yaitu Vanfau Chula Mani yang terletak di surga kepercayaan kosmologi Buddha, Naga Chedi Srinagin (neraka), dan Maha Rattana Chedi Si Trai Lokkathat (dunia manusia).

Masyarakat setempat mempercayai bahwa ketika mereka menyembah pagoda tersebut sama dengan menyembah tiga pagoda suci dari tiga dunia. Di area bawah candi juga terdapat ruangan pameran Wat Thung Setthi dan tempat meditasi.

Bangunan utamanya berwarna putih dan nampak megah dari kejauhan. Di sekitar candi juga terdapat kolam yang berisi ikan-ikan yang dipelihara oleh para biksu.

Untuk memasuki candi tersebut, pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya, namun perlu diperhatikan, pengunjung harus mengutamakan sopan santun saat berkunjung.

Nah, sudah lihat kan gaes seestetik apa candi Thung Setthi. Apakah kalian tertarik berkunjung ke candi-candi di Thailand lainnya?