Diyakini Para Ilmuwan Bakal Jadi Rumah Masa Depan Manusia, Seperti Apa Planet Katai?

Kamis, 28 Januari 2021 – 06:31 WIB

Planet Ceres (Sumber: ESO)

Planet Ceres (Sumber: ESO)

JAKARTA, REQnews - Dalam jurnal yang baru diterbitkan di airXiv, sejumlah ilmuwan menyatakan bahwa sebuah planet kerdil bernama Katai atau Ceres berpotensi dihuni oleh manusia.

Planet ini merupakan planet Katai terkecil yang pernah ditemukan. Ceres memiliki permukaan berbatu dan ber-es dengan diameter sebesar 950 km. Sementara massanya sepertiga massa sabuk asteroid.

Ceres ditemukan oleh Giuseppe Piazzi pada 1 Januari 1801 dan dinobatkan sebagai asteroid pertama yang ditemukan. Kemudian, pada 24 Agustus 2006, Persatuan Astronomi Internasional menyatakan mengubah status Ceres menjadi 'Planet Katai'.

Menurut ilmuwan, manusia bisa tinggal di Ceres namun dengan menggunakan megasatelit berupa ribuan pesawat antariksa berbentuk silinder yang terhubung satu sama lain dalam frame berbentuk cakram yang mengorbit ceres.

Pesawat tersebut harus dirancang untuk mendukung atmosfer buatan dan menghasilkan gravitasi seperti Bumi.

Para ilmuwan begitu yakin dengan potensi Ceres sebagai habitat manusia di masa depan karena beberapa fakta yang dimiliki Planet Katai tersebut.

Di antaranya, Ceres kaya akan nitrogen yang penting dalam sistem atmosfer buatan. Jarak Ceres juga tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan exoplanet yang ada di luar tata surya.

Kemudian, sumber daya alam di Ceres disebut-sebut juga bisa dimanfaatkan dan diangkat ke lokasi habitat manusia di orbit.