Mulai Dibangun, Begini Desain Megah Masjid Hadiah Pangeran Abu Dhabi untuk Jokowi Senilai Rp 56 T

Jumat, 05 Maret 2021 – 11:31 WIB

Replika Masjid Agung Sheikh Zayed bakal dibangun di Solo.

Replika Masjid Agung Sheikh Zayed bakal dibangun di Solo.

SOLO, REQnews - Masjid Agung Sheikh Zayed bakal mulai dibangun di Kota Solo pekan ini. Masjid tersebut merupakan replika dari Sheikh Zayed Mosque yang tersohor di Abu Dhabi.

Peletakan batu pertama masjid ini bakla dilakukan Sabtu, 6 Maret 2021. Masjid satu ini pun terasa spesial dan berbeda pasalnya merupakan hadiah Pangeran Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Joko Widodo.

Masjid ini bakal dibangun di atas lahan bekas Depo Pertamina di Jalan Ahmad Yani, Gilingan, Banjarsari itu dengan luas lahan 2,9 hektare.

Tak main-main, biaya pembangunannya diperkirakan mencapai USD 40 juta atau sekitar Rp5,6 triliun (kurs Rp14.000/USD). Semua pembiayaan dari UEA.

"Kalau kita kan tinggal ekesekusi saja, Pemkot Solo hanya menyediakan lahan. Bangun masjidnya semua dari sana (UEA)," ujar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dikutip Jumat, 5 Maret 2021.

Kepala Kementerian Agama Kota Surakarta, Hidayat Maskur pun memberi gambaran seputar masjid yang bakal dibangun di kawasan Gilingan, Solo itu. Diungkapkan Hidayat, masjid tersebut nantinya bisa menampung sekitar 12.000 jamaah.

Luasnya mencapai 10.000 meter persegi dan direncanakan selesai dibangun dalam waktu 16 bulan.

"Desain masjid keseluruhan sama seperti Masjid Sheikh Zayed di Uni Emirat Arab. Semuanya termasuk kubah dan lain-lain sama seperti di sana," katanya.