Gak Kalah dari Luar Negeri! Nih 6 Desa Wisata Kelas Dunia Versi Sandiaga Uno yang Patut Dikunjungi

Jumat, 30 April 2021 – 05:05 WIB

Nepal van Java (Foto: Nawacita.co)

Nepal van Java (Foto: Nawacita.co)

JAKARTA, REQnews - Pariwisata Indonesia memang tak pernah kehabisan daya tarik dan tentunya tak kalah jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Di antara daya tarik tersebut, salah satunya adalah keberadaan desa-desa wisata kelas dunia. Baru-baru ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa Indonesia memiliki beberapa desa wisata kelas dunia.

"(Desa) Penglipuran di Bali itu terbersih di dunia. Desa Jatiluwih di Tabanan juga sudah terkenal dengan environmental sustainability-nya," kata Sandiaga, dikutip Jumat, 30 April 2021.

Untuk lebih lengkapnya berikut 6 desa wisata kelas dunia versi Sandiaga Uno yang layak dikunjungi.

1. Penglipuran, Bali

Desa Wisata Penglipuran adalah desa masyarakat Bali Mula yang lokasinya berada di Kelurahan Kubu, Kabupaten Bangli atau di dataran tinggi sekitar kaki Gunung Batur.

Wisatawan yang berkunjung ke sana akan disambut oleh suasana yang tenang dan asri. Untuk kegiatan wisata, pengunjung dapat mempelajari berbagai aturan adat, tradisi unik, serta acara ritual lainnya termasuk Galungan.

2. Jatiluwih, Bali

Desa Wisata Jatiluwih terletak di Kabupaten Tabanan. Pada Juni 2017, desa hijau ini sempat dikunjungi oleh Presiden ke-44 Amerika Serikat yakni Barack Obama.

Desa ini terkenal akan keindahan subaknya (sistem irigasi tradisional sawah di Pulau Dewata) yang sempat ditampilkan oleh Google Doodle pada 29 Juni 2020. Subak Desa Jatiluwih merupakan warisan budaya tak benda yang ditetapkan oleh UNESCO pada 2012. Subak adalah sesuatu yang diwariskan dari generasi ke generasi.

3. Osing Kemiren, Banyuwangi

Desa Osing Kemiren, juga dikenal dengan Desa Wisata Osing, berlokasi di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Desa yang ditetapkan sebagai cagar budaya ini dikenal sebagai tempat adat istiadat, serta budaya khas suku Osing yang merupakan penduduk asli kabupaten tersebut.

4. Batulayang, Bogor

Desa Wisata Batulayang terletak di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Mengutip situs resminya, Desa Batulayang memiliki wisata alam hutan pinus, air terjun, serta arung jeram. Cocok banget untuk kamu yang tertarik berwisata sambil menyatu dengan alam.

5. Karangrejo, Magelang

Desa Wisata Karangrejo berlokasi di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Desa ini digadang-gadang sebagai salah satu desa wisata berkelanjutan di sana.

Di sini, wisatawan bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti berswafoto ria sambil menikmati pemandangan matahari terbit dari Punthuk Setumbu.

6. Nepal van Java, Magelang

Nepal van Java adalah nama yang disematkan untuk Dusun Butuh di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Adapun, julukan tersebut diberikan kepada dusun itu lantaran letaknya berada di lereng Gunung Sumbing. Perumahan penduduk di sana terlihat seperti bertumpuk bak perumahan khas Nepal.