Petani di Kolombia Hasilkan Buah Mangga Terberat di Dunia

Sabtu, 01 Mei 2021 – 02:23 WIB

Foto: guinnessworldrecords.com

Foto: guinnessworldrecords.com

San Martin, REQNews.com -- Anda suka buah mangga? Bagaimana jika diberi satu buah mangga seberat 4,25 kilogram?

Mungkin Anda akan sibuk mengaguminya, atau berpikir semakin besar buah akan makin tidak enak. Itu tidak terjadi saat sepasang petani Kolombia; German Orlando Novoa Barrera dan Reina Maria Marroquin, memperkenalkan buah mangga terberat-nya.

Guiness World Records mencatatnya sebagai buah mangga terberat di dunia, dan suami-istri petani itu mendapatkan sertifikasi. Berat mangga yang dihasilkan Barrera dan Marroquin melewati catatan mangga di Filipina, 3,453 kilogram dan dicatat tahun 2009.

Barrera dan Marroquin adalah petani. Ia memiliki beberapa tanaman mangga di Guayata, kawasan pertanian San Martin, di daerah Boyaca.

Satu buah mangga di salah satu pohon berkembang sedemikian besar dibanding lainnya. Barrera dan Marroquin memperhatikan perkembangan buah itu dari hari ke hari.

Dabegy, putri pasangan itu, terlibat di dalamnya. Ia mengusulkan agar menimbang buah itu sebelum memetiknya, dan terkejut.

Menggunakan laptop, Dabegy mencari informasi apakah pernah ada mangga terberat di dunia. Ia menemukan informasi tentang buah mangga terbesar di Filipina, dan membandingkannya dengan buah di pohon orang tuanya.

Mangga adalah buah khas Asia. Di Amerika Latin, mangga ditanam dalam jumlah kecil dan hanya untuk konsumsi keluarga.

Di Guayata, misalnya, mangga bukan tanaman industri. Penduduk menanam kopi sebagai sumber kehidupan. Lainnya adalah memproduksi mogolla dan arepas, dua makanan khas Kolombia.

Setelah menerima sertifikat mangga terberat di dunia, Barrera dan Marroquin merayakan dengan makan buah mangga bersama. Menurut keduanya, sejarah baru saja dibuat di Guayata.