Daftar 10 Orang Paling Tajir di Indonesia Tahun 2021, Edan... Tengok Nih Gelimang Hartanya!

Minggu, 02 Mei 2021 – 18:32 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Majalah Forbes telah merilis daftar 100 orang terkaya dunia tahun 2021.

Daftar tersebut berisi nama-nama orang terkaya dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Daftar ini dibuat berdasarkan perhitungan kekayaan yang dimiliki orang-orang tersebut, yang dilihat dari komposisi kepemilikan saham serta informasi keuangan dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis serta sumber-sumber lainnya.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2021 versi majalah Forbes:

1. R. Budi Hartono

Robert Budi Hartono adalah orang terkaya di Indonesia. Dia merupakan pemilik dari Bank Central Asia (BCA) dan perusahaan rokok Djarum.

Budi Hartono berada di peringkat pertama orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan 20,5 miliar dollar AS.

Dalam daftar 100 orang terkaya di dunia, Budi Hartono berada di peringkat 86.

2. Michael Hartono

Michael Bambang Hartono adalah orang terkaya kedua di Indonesia, setelah kakaknya R. Budi Hartono. Seperti kakaknya, sumber kekayaan terbesarnya berasal dari investasi di BCA dan rokok Djarum.

Adapun kekayaannya mencapai 19,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 275,8 triliun. Posisinya di dunia adalah peringkat ke-89.

3. Sri Prakash Lohia

Di posisi ketiga ada Sri Prakash Lohia, orang India yang pindah ke Indonesia pada 1970-an. Kekayaannya mencapai 6,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 93,7 triliun.

Dia dan ayahnya mendirikan Indorama Corporation sebagai pembuat benang pintal. Sumber kekayaannya dihasilkan dari usahanya memproduksi polyethylene terephthalate (PET) dan bisnis petrokimia lainnya. Dia merupakan orang terkaya di dunia nomor 404.

4. Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu memulai bisnisnya di bidang perkayuan pada akhir 1970-an. Kekayaan Prajogo Pangestu berasal dari bisnis perkayuan.

Dia merupakan pemilik perusahaan Barito Pacific Timber, yang kemudian berganti nama menjadi Barito Pacific pada 2007.

Kekayaannya mencapai 6,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 93,7 triliun. Di dunia dia menempati posisi ke-404 sebagai orang terkaya.

5. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung dikenal sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp. Chairul Tanjung masuk dalam urutan ke-589 dari daftar orang terkaya di dunia dengan kekayaan sebanyak 4,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 69,2 triliun.

Dia menjalankan bisnis perbankan, hypermarket, dan pemilik salah satu stasiun TV swasta.

6. Tahir dan Keluarga

Tahir dan keluarga masuk dalam urutan ke-925 daftar orang terkaya di dunia dan nomor 6 di Indonesia. Dia merupakan pendiri grup Mayapada.

Menurut laporan Forbes, harta kekayaannya mencapai 3,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 48,1 triliun. Sumber kekayaannya berasal dari bisnis di bidang perbankan, kesehatan, dan real estat.

7. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy merupakan orang terkaya di Indonesia nomor 7 dan nomor 1.008 di dunia. Sumber kekayaannya dari bidang media atau teknologi.

Eddy merupakan pendiri Emtek pada 1983 sebagai distributor komputer Compaq eksklusif di Indonesia. Dia memiliki saham mayoritas. Adapun harta yang dimilikinya mencapai 3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 43,2 triliun.

8. Jerry Ng

Jerry berada di peringkat ke 1.249 di dunia dan 8 di Indonesia sebagai orang terkaya. Ia memiliki kekayaan 2,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 36 triliun.

Bankir veteran dengan pengalaman lebih dari 3 dekade itu mendapatkan kekayaannya dari saham di Bank Jago. Dia mengakuisisi saham yang kemudian disebut Bank Artos pada Desember 2019.

9. Martua Sitorus

Kekayaan Martua Sitorus mencapai 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 28,8 triliun. Dia menempati urutan ke-9 orang terkaya di Indonesia dan orang ke-1.580 terkaya di dunia.

Martua Sitorus mendirikan Wilmar bersama Kuok Khoon Hong yang sekarang juga seorang miliarder, pada tahun 1991. Kini, ia menjadi pedagang minyak sawit terbesar di dunia. Dia dan saudaranya memiliki perusahaan perkebunan bernama Gama Corp.

10. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat menempati urutan ke-1.833 dengan kekayaan mencapai 1,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp24,5 triliun.

Theodore Rachmat, yang akrab disapa Teddy, mendirikan grup Triputra pada 1998. Kini, ia memiliki empat lini bisnis, termasuk agribisnis, manufaktur, dan pertambangan.