Gereja Katolik Santa Anna di Barcelona Gelar Buka Puasa dan Shalat Berjamaah

Senin, 03 Mei 2021 – 20:27 WIB

Foto: latestnews.in.net

Foto: latestnews.in.net

Barcelona, REQNews.com -- Gereja Katolik Santa Anna di Barcelona menyediakan serambil di luar ruang bagi Muslim untuk berbuka puasa dan berdoa bersama.

Setiap malam, 50 sampai 60 Muslim -- kebanyakan tunawisma atau mendadak miskin akibat pandemi virus korona -- memenuhi lorong-lorong batu gereja berusia ratusan tahun.

Relawan menyediakan makanan rumahan yang lezat. Makanan dimasak anggota gereja yang peduli pada sesama, tentu saja dengan mempertimbangkan kehalalan makanan.

Faouzia Chati, presiden Asosiasi Wanita Maroko Katalan, biasa menyelenggarakan buka puasa bersama di Barcelona. Namun, keterbatasan makanan dan ruang pertemuan dengan ventilasi yang baik untuk menjaga jarak, membuatnya kesulitan menggelar acara rutin Ramadhan.

Untungnya telinga Pastor Pieo Sanchez, kepala gereja Santa Anna, cukup peka. Pastor Sanchez mendengar keluhan Chati, dan memberikan tempatnya.

Bagi Pastor Sanchez, pertemuan berbagai agama adalah lambang koeksistensi sipil. Chati menyambut baik uluran tangan Pastor Sanchez.

Jika tak sibuk, Pastor Sanchez menyaksikan acara. Ia tak beranjak dari tempatnya ketika seorang pria melantunkan adzan maghrib dari bawah pohon jeruk di halaman tengah gereja, yang diterangi nyala api pemanas gas.

"Meski budaya berbeda, bahasa dan agama berbeda, kami lebih mampu duduk dan berbicara daripada politis," kata Pastor Sanchez.

Hafid Oubrahim, keturunan Berber Maroko berusia 27 tahun, menghadiri buka puasa itu. "Di sini kami semua seperti saudara. Kami saling bantu," katanya.