AS dan Rusia Bersaing Bikin Film di Luar Angkasa

Minggu, 16 Mei 2021 – 18:57 WIB

Tom Cruise (kiri) dan Yulia Peresild. Foto Russia Today

Tom Cruise (kiri) dan Yulia Peresild. Foto Russia Today

Baikonur, REQNews.com -- Lebih setengah abad AS dan Rusia bersaing memamerkan teknologi luar angkasa. Kini, keduanya kembali bersaing dengan cara lain; bikin film di luar angkasa.

Kamis 13 Mei pejabat Rusia mengumumkan roket Soyuz akan diluncurkan dari Kosmodrome Baikonur di Kazakhstan pada 5 Oktober 20201 dengan membawa aktor dan sutradara untuk merekam gambar yang akan menjadi fitur film pertama di luar angkasa.

Yulia Peresild, aktris berusia 36 tahun dengan daftar panjang pengalaman akting teater dan film, dipilih Komisi Negara untuk pergi ke luar angkasa. Ia akan menjadi pemeran utama film 'Challenge'.

Klim Shipenko, sutradara dan penulis naskah drama lulusan Universitas California, akan menemani Peresild. Roket yang membawa keduanya akan berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang juga lokasi produksi.

Kru Rusia harus berpacu dengan waktu untuk merebut momen penting. Sebab, AS meluncurkan misi yang sama, dengan Tom Cruise sebagai bintangnya.

Rencananya, AS mengirim Tom Cruise ke ISS Oktober 2021 untuk membuat film drama panjang. Penunjukan aktor 'Top Gun' ini didukung NASA dan pengusaha Elon Musk. Cruise akan berusia 59 tahun saat misi pembuatan film di luar angkasa. Ia berharap misi ini bukan 'Mission Impossible'.

Peresild populer lewat 'Battle of Sevastopol' tahun 2015. Ia berperan sebagai wanita muda yang mendaftar untuk menjadi penembak jitu yang melawan Nazi. Shipenko dikenal karena membuat film Salyut 7, sebuah dramatisasi misi Soviet menyelamatkan stasiun luar angkasa yang dilanda bencana.