Bakal Muncul 26 Mei Nanti, Ini Sederet Fakta Menarik tentang Blood Moon Pertama di Tahun 2021

Selasa, 18 Mei 2021 – 09:01 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Sebuah fenomena alam menakjubkan bakal terjadi dalam waktu dekat gaes! Yup, beberapa minggu mendatang, tepatnya 26 Mei 2021, kita bakal menyaksikan kemunculan Blood Moon atau gerhana bulan total pertama di tahun ini.

Selama periode terjadinya fenomena ini, warna bulan akan berubah tergantung pada partikel debu dan perbedaan panjang gelombang warna yang mencapai permukaannya.

Gerhana bulan terjadi saat garis Bumi berada di antara Bulan dan Matahari. Dengan begitu, Bulan tersembunyi dari sinar matahari. Ketika Matahari, Bulan, dan Bumi sejajar dalam satu garis lurus, fenomena gerhana bulan total terjadi.

Menurut laporan dari National Aeronautics and Space Administration (NASA), dalam gerhana bulan total atau Blood Moon, Bumi hadir di antara Matahari dan Bulan.

Bumi menghalangi sinar matahari mencapai bulan. Fenomena tersebut hanya terjadi pada Bulan Purnama dan dapat dilihat dengan mata telanjang, berbeda dengan gerhana matahari.

"Molekul udara dari atmosfer bumi menyebarkan sebagian besar cahaya biru. Sisa cahaya memantulkan ke permukaan Bulan dengan pancaran merah, membuat Bulan tampak merah di langit malam," tulis NASA di situs resminya, dikutip Selasa, 18 Mei 2021.