Lukisan Klasik Cina Sepanjang 18,5 Meter Karya Xu Fang Terjual Rp 928 Miliar

Rabu, 09 Juni 2021 – 12:44 WIB

Foto: thevalue.com

Foto: thevalue.com

Beijing, REQNews.com -- Lukisan gulung abad ke-18 karya Xu Fang menjadi karya seni Cina termahal yang pernah dijual di pasar lelang.

Lukisan sepanjang 61 kaki, atau 18, 5 meter, terjual 414 juta yuan atau Rp 928 miliar di Balai Lelang Poly di Beijing, Minggu lalu. Lukisan itu sering diberi judul Menetapkan Wilayah Barat dan Menghadirkan Tahanan, namun saat dilelang hanya diberi identitas Gambar oleh Balai Lelang Poly.

Xu Fang direkrut sebagai pelukis istana Kekaisaran Qianlong tahun 1750. Ia mengabadikan adegan di Beijing selama kampanye militer untuk mengkonsolidasikan kekuasaan di barat Cina, konflik yang kelak menjadi bagian dari 'Sepuluh Perang Besar'.

Lukisan gulung itu sangat rinci, dimulai dari Gerbang Zhengyang Beijing, melewati Lapangan Tiananmen, dengan penduduk kota digambarkan bersama barisan penjaga dan pembawa bendera. Adegan berakhir di pintu masuk Kota Terlarang, tempat karya ini pernah dipasang.

Kaisar Qianlong menugaskan Xu Fang membuat lukisan itu, untuk menandai keberhasilannya memadamkan berbagai pemberontakan, termasuk penghancuran Dzunga Khanate -- kerajaan nomaden yang pernah menguasai sebagian Asia Tengah dan wilayah Xinjiang saat ini.

Menurut media pemerintah Cina, lukisan gulung itu memecahkan rekor lelang karya seni Tiongkok ketika terjual 134 juta yuan, atau Rp 299,8 miliar, tahun 2009. Kini, lukisan itu menjadi karya klasik Cina termahal ketiga yang pernah dilelang.

Karya seni klasik Tiongkok termahal pertama masih dipegang Sepuluh Pemandangan Batu Lingbi karya Wu Bin, yang tahun lalu terjual 512,9 juta yuan, atau Rp 1,141 triliun.

Xu Fang berasal dari Shuzhou, kota di sebelah barat Shanghai. Ia dikenal karena menggambarkan momen-momen penting dalam sejarah kekaisaran dan kehidupan perkotaan Cina, kendati perspektif rasa dan figurasinya dipengaruhi seni Eropa.

Koleksi permanen Museum Seni Mentropolitan Cina kini berisi 12 lukisan gulung yang diproduksi Xu Fang untuk menandai satu tur Kaisar Qianlong yang terkenal di Cina selatan.