Gak Mau Kalah dari China, Pemerintah Bakal Bangun Jembatan Kaca di Kawasan Bromo

Kamis, 10 Juni 2021 – 06:02 WIB

Pemerintah bakal membangun jembatan kaca di kawasan Bromo. (Foto: alexjourney.id)

Pemerintah bakal membangun jembatan kaca di kawasan Bromo. (Foto: alexjourney.id)

JAKARTA, REQnews - Para traveler tentu sudah tak asing dengan Zhangjiajie Glass Bridge. Yup, jembatan kaca di China ini sudah sangat tersohor sebagai destinasi impian wisatawan dunia.

Sensasi tegang yang ditawarkan jembatan tersebut sukses menjadi magnet hingga wisatawan dari berbagai negara berlomba-lomba ingin mencobanya. Kamu juga penasaran ingin mencobanya?

Gak perlu jauh-jauh ke China deh! Sebab, sebentar lagi Indonesia juga bakal punya jembatan kaca serupa gaes.

Pemerintah pusat akan membangun jembatan kaca di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). Rencananya, jembatan untuk wisatawan itu akan dibangun oleh Direktorat Jenderal Bina Marga di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Rencana pembangunan jembatan kaca ini yang akan melaksanakan adalah Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga," kata Plt Kepala BB TNBTS Novita Kusuma Wardani, dikutip Kamis, 10 Juni 2021.

Novita menjelaskan, pembangunan itu merupakan instruksi dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk membuat semacam mercusuar agar menjadi masterpiece tempat wisata yang beda dari lainnya.

Pembangunan jembatan rencananya berlokasi di Seruni Point yang ada di Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

"Setelah dilakukan survei ke lapangan, titik-titik pilarnya (pilar jembatan kaca) itu ada di luar kawasan taman nasional, di lahan-lahan masyarakat. Tapi memang jembatannya melintas di atas jurang yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru," katanya.

Nantinya, view jembatan kaca itu akan mengarah ke Gunung Batok, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru.