Heboh Kabar Saung Angklung Udjo Bangkrut hingga Lelang Asetnya, Begini Faktanya

Sabtu, 26 Juni 2021 – 10:02 WIB

Saung Angklung Udjo dikabarkan bangkrut dan melelang asetnya. (Foto: Dok. Humas Hotel Bandung)

Saung Angklung Udjo dikabarkan bangkrut dan melelang asetnya. (Foto: Dok. Humas Hotel Bandung)

BANDUNG, REQnews - Usai ramainya kabar yang menyebut bahwa Saung Angklung Udjo (SAU) bangkrut hingga harus melelang aset, Direktur SAU, Taufik Hidayat akhirnya angkat bicara.

Taufik pun menjelaskan, obyek wisata budaya SAU di Jawa Barat ramai dibahas di media sosial setelah munculnya 13 instrumen musik produksi SAU yang dilelang di platform lelang.go.ig milik DIrektorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN).

Sejak itu, publik pun penasaran dan bertanya-tanya apakah rumor kebangkrutan dan pelelangan aset tersebut benar.

Taufik mengatakan bahwa lelang yang dilakukan di laman DJKN bukan berarti dapat disimpulkan bahwa SAU dalam kondisi bangkrut.

Langkah tersebut merupakan upaya kerjasama dengan DJKN Kanwil Bandung agar SAU bisa kembali bergeliat di tengah sepinya kunjungan wisata.

"Upaya tetap bertahan ini ya seperti ini, kerjasama dengan DJKN, tapi kalau bicara kondisi kami jujur prihatin dan kami tetap semangat," kata Taufik, dikutip Sabtu, 26 Juni 2021.

Lebih lanjut, Taufik mengatakan, kondisi SAU saat ini sangat memprihatinkan seperti obyek wisata lainnya lantaran terdampak pandemi Covid-19.

"Kami sebetulnya sama dengan teman-teman obyek wisata lainnya, seperti di Bali. Kamu terus terang dalam kondisi memprihatinkan, kami tidak bisa beraktivitas normal," ujar Taufik.

Sebelum pandemi Covid-19, ia mengatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke SAU bisa mencapai 2.000 orang per hari.

Namun, sejak pandemi Covid-19 melanda pada tahun 2020 hingga saat ini, kunjungan wisatawan hampir tidak ada sama sekali.

"Pernah yang nonton hanya ada dua orang yaitu, ibu dan anak juga ada anak muda dua orang, habis itu sudah tidak ada lagi," tandasnya.

Sebelumnya heboh kabar soal SAU bangkrut dan melelang asetnya. Kabar ini salah satunya dibagikan oleh akun Twitter bernama @speedymeter alias Chandra yang mengunggah foto daftar instrumen musik yang dilelang. Hingga berita ini ditulis, cuitan akun tersebut sudah di-retweet dan disukai ribuan pengguna Twitter.