Berminat Isoman Berbayar di Hotel? Cek Nih! Segini Rincian Biaya yang Harus Disiapkan

Minggu, 11 Juli 2021 – 07:02 WIB

Ilustrasi isoman berbayar di hotel. (Foto: Istimewa)

Ilustrasi isoman berbayar di hotel. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Menindaklanjuti gelombang pandemi yang kian mengkhawatirkan, sebanyak 13 hotel di DKI Jakarta akhirnya disiapkan menjadi hotel untuk isolasi mandiri (isoman) pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG).

Hotel-hotel tersebut terdiri atas hotel bintang dua hingga bintang tiga yang kini mulai dipromosikan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta sebagai "wadah" yang siap menerima tamu yang hendak melakukan isoman.

Meski begitu, hotel-hotel tersebut tidak menawarkan layanan isoman secara gratis lho. Para tamu diwajibkan membayar secara pribadi sesuai harga paket yang ditetapkan masing-masing hotel.

Lantas berapa sih biaya yang harus dikeluarkan untuk layanan isoman di hotel? Biayanya beragam gaes! Hotel Alia Matraman misalnya, menawarkan tiga kategori harga paket isoman.

"Harga standard Rp 500.000 per malam. Dapat makan untuk sehari tiga kali, dan laundry empat pakaian," terang seorang petugas hotel bintang dua itu, dikutip Minggu, 11 Juli 2021.

Sementara untuk harga lainnya adalah Rp 650.000 dan Rp 800.000 per malam. Masing-masing harga untuk dua tamu. Fasilitas yang ditawarkan sama, namun yang membedakan adalah luas ruangan.

Pihak hotel tersebut juga menjelaskan bahwa mereka tidak melakukan kerjasama dengan rumah sakit. Sehingga, untuk kebutuhan obat-obatan, vitamin, dan kunjungan dokter sepenuhnya mandiri dapat dilakukan para tamu.

Selanjutnya ada hotel bintang tiga bernama Nite and Day Hotel Jakarta Bandengan yang menawarkan paket isolasi mandiri. Seorang staf hotel tersebut mengatakan, pihaknya menjual paket isolasi 10 hari seharga Rp 5,5 juta untuk satu orang dan Rp 7 juta untuk dua orang.

Paket lainnya adalah paket isolasi mandiri selama 14 hari seharga Rp 7,7 juta untuk satu orang, dan Rp 9,8 juta untuk dua orang.

Kemudian, hotel lain yang juga menawarkan paket isolasi mandiri adalah Ibis Jakarta Senen. Mereka memiliki paket "Isoman Medis" dan "Isoman Non-medis".

Untuk paket pertama, harganya adalah Rp 16,7 juta untuk 14 hari. Biaya tersebut mencakup makan sehari tiga kali, kunjungan dokter, pemberian obat dan vitamin, laundry, serta tes PCR saat kepulangan. Sementara untuk paket "Isoman Non-medis", harganya adalah Rp 650.000 per malam untuk minimal tujuh hari.

"Termasuk makan tiga kali sehari, laundry tiga pakaian perhari, lalu fasilitas lain seperti berjemur dan senam di pagi hari," terang seorang staf hotel tersebut.