IFBC Banner

Mantan Anggota Supergrup K-Pop Exo Dituduh Perkosa Sejumlah Penggemar

Selasa, 20 Juli 2021 – 00:39 WIB

Foto: New York Post

Foto: New York Post

Beijing, REQNews.com -- Kris Wu, rapper Cina-Kanada dan mantan anggota supergrup K-Pop Exo, menghadapi tuduhan memperkosa sejumlah penggemar.

IFBC Banner


Vice News memberitakan tuduhan kali pertama diajukan seorang penggemar. Ketika kabar itu mencuat, sejumlah wanita -- yang juga penggemar Kris Wu -- juga mengaku diperkosa dan melaporkan Wu ke pihak berwenang. Wu membantah semua tuduhan itu.

Du Meizhu, gadis berusia 19 tahun, mengatakan kepada China NetEase bahwa Wu memikat dan membawa ke rumahnya dengan alasan audisi. Manajer Kris Wu hadir pada saat insiden itu terjadi dua tahun lalu.

Menurut Du, yang saat itu berusia 17 tahun, Wu dan timnya memamksanya bertahan untuk minum-minum. Semua yang ada di rumah itu menghalangi Du untuk pergi.

"Saya tiba-tiba tidak sadarkan diri," kata Du dalam wawancara 18 Juli lalu. "Ketika saya bangun, saya berada di tempat tidur bersama Wu."

Menurut Du, Wu tidak menggunakan kondom saat menyetubuhinya.

Bulan-bulan berikut, lanjut Du, Wu berusaha membangun kesan sedang berhubungan asmara dengannya. Situasi ini dipertegas dengan pesan teks genit, dan janji akan segera bertemu ibu Du.

Namun setelah itu, masih menurut Du, Wu terdiam. Tidak ada lagi komunikasi. Tidak ada lagi candaan genit.

"Belakangan saya tahu beberapa wanita juga diperlakukan sama," kata Du kepada NetEase. "Termasuk dua anak di bawah umur yang mengaku memiliki bukti perilaku Wu."

Senin 19 Juli, Wu membantah semua tuduhan itu di platform microblogging Weibo. Pengakuan Wu diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan diposting di Twitter.

"Saya bertemu Nona Du di pertemuan seorang teman dan tidak memberinya alkohol," Wu membantah. "Saya tidak pernah memaksa wanita berhubungan seks, atau terlibat dalam perkosaan kencan."

Wu juga membantah berhubungan seks dengan gadis di bawah umur. Studionya juga mengumumkan akan melancarkan tindakan hukum terhadap semua penuduh.

Global Times melaporkan Du telah menerima 500 ribu yuan sebagai uang tutup mulut tapi menolak menerima demi mengambil tindakan hukum.

Meski membantah, dan pengadilan atas kasus ini belum digelar, sejumlah produk terkenal yang mengendorse Wu serentak membatalkan kontrak.

Tisu Tempo, streaming Tencent Video, kosmetik Kans, dan pembuat deterjen pakaian Libya, menyatakan telah memutus kontrak Wu. Global Times memberitakan Lancome dan Kiehl's menghapus konten media sosial yang di dalamnya terdapat Wu.

Bulgari, Porsche, dan Louis Vuitton belum secara resmi menyatakan menangguhkan kontrak dengan bintang pop itu.

Wu terkenal saat Exo naik daun. Ia meninggalkan grup dan bersolo karier sebagai rapper. Ia kini menjadi penghibur paling populer di Cina.

Tahun 2017, Wu memulai karier sebagai juru selebritas di acara kompetisi hip-hop The Rap of China, yang mengudara sampai musim keempat tahun 2020.

Minggu lalu, Du meminta Wu secara pribadi memohon maaf kepada korban-korbannya dalam waktu 24 jam dan pensiun dari industri musik selamanya.

Du, dalam pernyataan yang diterjemahkan di halaman Twitter-nya, mengakhiri permintaan dengan jab bermuatan seksual seraya menyebut rapper itu sebagai Tusuk Gigi Wu.