Duh! Jakarta Masuk Daftar Kota Paling Bikin Stres Sedunia Tahun 2021

Rabu, 21 Juli 2021 – 11:31 WIB

Kota Jakarta (Foto: Viator)

Kota Jakarta (Foto: Viator)

JAKARTA, REQnews - Sebuah laporan terbaru yang diterbitkan produk perusahaan minyak esensial dan suplemen CBC yang berbasis di Berlin, Jerman, menyebut Jakarta sebagai salah satu dari 10 kota paling bikin stres di dunia Tahun 2021.

Dalam daftar tersebut, Jakarta menduduki peringkat 9 dari 10 kota yang paling membuat stres. Posisi pertama ditempati Mumbai, kemudian disusul Lagos, Manila, New Delhi dan Baghdad. Lalu ada Kota Kabul, Moskow, Karachi, Jakarta dan Kiev.

Laporan yang dibuat Vaay itu menilai kota-kota tersebut berdasarkan 15 indikator stres dari faktor struktural dan lingkungan.

Contohnya mulai dari masalah keselamatan, polusi udara, jaminan sosial, tingkat pengangguran, kesehatan mental, kepadatan pendudukan, akses kesehatan, dan masih banyak lagi.

"Tujuannya bukan untuk memilih kota-kota yang mungkin tertinggal di salah satu area ini," kata salah satu pendiri Vaay, Finn Age Hansel, dikutip Rabu, 21 Juli 2021.

"Melainkan menyoroti kota-kota yang menjadi contoh utama dari apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya," lanjutnya.

Berikut daftar 10 kota paling bikin stres tahun 2021:

1. Mumbai, India
2. Lagaos, Nigeria
3. Manila, Filipina
4. New Delhi, India
5. Baghdad, Irak
6. Kabul, Afghanistan
7. Moskow, Rusia
8. Karachi, Pakistan
9. Jakarta, Indonesia
10. Kiev, Ukraina