Pistol yang Membunuh Penjahat Legendaris Billy The Kid Dilelang

Jumat, 23 Juli 2021 – 14:16 WIB

Foto: afghanistan.kivazen.com

Foto: afghanistan.kivazen.com

Los Angeles, REQNews.com -- Revolver aksi tunggal Colt, senjata yang digunakan Sheriff Pat Garrett untuk membunuh Billy The Kid, akan dilelang bulan depan.

Balai Lelang Bonhams memperkirakan salah satu senjata paling ikonik dari era American Wild West ini akan terjual antara 2 juta sampai tiga juta dolar AS, atau Rp 29 miliar sampai Rp 43 miliar.

Sheriff Pat Garrett, setelah pengejaran berbulan-bulan, menjatuhkan Billy The Kid tahun 1881. Banyak kisah tentang sukses Garret mengakhiri petualangan Billy The Kid. Salah satunya, Garret menembak Billy The Kid dari belakang.

Pistol itu berasal dari koleksi pasarangan Jim dan Theresa Earle yang asal Texas. Keduanya mengumpulkan senjata Western dan artefak lainnya selama setengah abad.

Jim Earle meninggal tahun 2019. Kini keluarganya menjual koleksinya.

Billy The Kid adalah buronon di Arizona dan New Mexico. Ia membunuh delapan orang. Pat Garrett mengejarnya sampai ke sebuah peternakan di Fort Summer, Nex Mexico, dan membunuhnya pada 14 Juli 1881.

Kisah Bily The Kid tercatat dalam budaya pop selama hampir satu abad, diangkat ke layar lebar dengan judul Pat Garrett and Billy The Kid dan Young Guns.

Senjata lain yang dilelang pada 27 Agustus di Los Angeles adalah senapan laras ganda yang digunakan Billy The Kid saat melarikan diri dari gedung pengadilan New Mexico, April 1881.

Senapan ini diperkirakan akan terjual dengan harga 200 ribu sampai 300 ribu dolar AS, atau Rp 2,8 miliar sampai Rp 4,3 miliar.

Senapan Springfiled yang dimodifikasi, yang dikubur bersama penegak hukum dan penembak Wild Bill Hickock di South Dakoata pada Agustus 1876, diperkirakan akan terjual 200 ribu dolar AS, atau Rp 2,8 miliar.